Kasus Pinjol Ilegal Sleman, Polda Jabar Bidik Tersangka Baru

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 17:46 WIB
Pinjol Ilegal Sleman Dibongkar Polda Jabar
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung -

Polda Jawa Barat masih mendalami kasus pinjaman online (ilegal) di Sleman yang digerebek beberapa waktu lalu. Polisi membidik tersangka baru dalam kasus ini.

"Bisa jadi (ada tersangka baru). Kita masih pengembangan kepada foundernya sampai kemana pun saya kejar," ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman kepada wartawan, Sabtu (30/10/2021).

Sejauh ini sudah ada delapan orang tersangka yang ditahan. Mereka yakni RSS direktur perusahaan, GT menjabat sebagai asisten manajer, AZ sebagai HRD, RS sebagai HRD, MZ sebagai IT support, EA team leader desk collection, EM sebagai team leader desk collection dan AB sebagai desk collection atau debt collector online.

Di samping itu, polisi juga melakukan pemblokiran terhadap aplikasi pinjol ilegal yang dikelola oleh perusahaan tersebut. Total diketahui ada 23 aplikasi pinjol ilegal yang dijalankan perusahaan tersebut.

"Iya ditutup (blokir) karena menimbulkan keresahan di masyarakat," kata dia.

Sementara disinggung soal nasabah yang masih memiliki tunggakan ke pinjol itu, Arief mengatakan hal tersebut bukan domain dari kepolisian. Menurutnya, masyarakat perlu mengikuti apa yang disampaikan oleh pemerintah.

"Seperti yang sudah saya sampaikan, itu bukan domain kami, ikuti saja petunjuk dari Pemerintah yang sudah moratorium," tuturnya.

Sebelumnya, Polda Jawa Barat menggerebek kantor perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal. Sebanyak 86 orang debt collector diringkus.

Perusahaan pinjol ilegal yang digerebek Polda Jabar berada di sebuah ruko lantai 3 Jalan Prof Herman Yohanes, Sami rono, Caturnunggal, Kecamatan Depok, Kota Yogyakarta, DIY. Polisi menggerebek tempat tersebut pada Kamis (14/10/2021).

Total ada delapan tersangka yakni RSS direktur perusahaan, GT menjabat sebagai asisten manajer, AZ sebagai HRD, RS sebagai HRD, MZ sebagai IT support, EA team leader desk collection, EM sebagai team leader desk collection dan AB sebagai desk collection atau debt collector online.

Simak video 'Polda Jateng Buru Pemodal Pinjol Ilegal Yogya, DC-Direktur Diciduk':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/ern)