Hari Santri

M Alfi Kesuma, Meniti Jalur Dakwah Lewat Taekwondo

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 13:48 WIB
M Alfi Kesuma
M Alfi Kesuma (tengah). (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Merasa terpanggil, akhirnya Alfi pun nekat untuk pergi ke pesantren Habib Saggaf di Parung Bogor. Ia meminjam sepeda motor temannya. "Tak punya uang, motor dan mobil. Saya maksain pinjam motor ke teman dengan meski nggak ada spion, nggak ada apa. Bodoh amat yang penting sampai," ujar Alfi.

Begitu tiba di pesantren yang dimaksud, Alfi langsung dibuat tertegun. Pasalnya, sosok yang terus memanggilnya untuk datang telah meninggal dunia pada 2010.

"Akhirnya ketemu di pondok, saya bilang ke ke teman saya di pondok mau curhat ke abah. Pas udah nyampe teman saya bilang hayu ke Abah Saggaf, ternyata saya dibawa ke kuburannya. Ternyata beliau sudah meninggal," kata Alfi.

Meski demikian, niat Alfi untuk belajar agama dari Habib Saggaf tak surut. Ia pun mendapatkan ilmu itu dari murid-murid beliau. "Abah itu yang meninggal hanya raganya saja di dunia, beliau masih melihat kita. Jejak ilmunya masih ada di muka bumi ini," ujar Alfi.

Saking bangganya terhadap sosok Habib Saggaf, Alfi pun sempat membawa foto dari ulama tersebut ke podium ketika menerima medali emas pada PON XX Papua 2021 beberapa waktu lalu di Jayapura.

Dari Habib Saggaf, Alfi memiliki tekad untuk menjadikan taekwondo juga sebagai sarana untuk menyebar kebaikan. "Dari beliau saya belajar bahwa taekwondo juga bisa menjadi sarana untuk mengajak ke hal yang baik. Saya dulu memang jauh dari Allah, tapi alhamdulillah sekarang mulai belajar sedikit-sedikit mengenal Allah," tutur Alfi.

M Alfi KesumaM Alfi Kesuma membawa foto Habib Saggaf. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

(yum/bbn)