Hari Santri

Bangga! Indonesia Punya Loh Santri yang Jadi Peneliti COVID-19 di Spanyol

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 12:41 WIB
Santri asal Banten jadi peneliti COVID-19 di Madrid, Spanyol
Foto: Foto kiriman Dr Yudhi Nugraha
Serang -

Indonesia boleh bangga dengan prestasi yang diraih oleh Dr Yudhi Nugraha. Ia jadi satu-satunya orang Indonesia berlatar belakang santri yang menjadi peneliti antibodi monoklonal COVID-19 di Institute Salud Carlos III (Instituto de Salud Carlos III) di CNIO Madrid, Spanyol.

Yudhi lulusan enam tahun nyantri di Pondok Pesantren Assa'adah. Pesantren ini terletak di perkampungan kecil berbukit di Kampung Pasir Manggu, Kabupaten Serang. Di Madrid, ia bergabung dengan peneliti-peneliti ternama dari negara Eropa mulai dari Inggris, Jerman, Swedia dan Spanyol. Wong Banten ini bahkan jadi satu-satunya orang Asia di Pusat Penelitian Instituto de Salud Carlos III.

"Saya melakukan penelitian antibodi monoklonal COVID-19 di Institute Salud Carlos III. Rasanya merasa beruntung dan merasa bahwa ilmu yang selama ini dipelajari menjadi lebih bermanfaat untuk kemanusiaan. Lebih dari sekedar teoritis tekstual saja," kata Yudhi dari Madrid saat berbincang dengan detikcom di Indonesia, Jumat (22/10/2021).

Yudhi menceritakan, penelitiannya di Madrid fokus pada bidang biologi molekuler. Penelitiannya untuk melihat struktur satu molekul dalam sel dan memahami bagaimana mekanismenya bekerja. Bahkan katanya, penelitian itu juga bertujuan bagaimana merekayasa genetik.

"Rekayasa genetik untuk kepentingan desain obat dan penghambatan infeksi virus ke manusia," ujarnya.

Bagaimana kisahnya Yudhi bisa ke Spanyol, klik halaman berikutnya