Hari Santri

M Alfi Kesuma, Meniti Jalur Dakwah Lewat Taekwondo

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 13:48 WIB
M Alfi Kesuma
M Alfi Kesuma (tengah). (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Menjadi seorang santri tidak menjadi halangan untuk berprestasi di bidang olahraga. Hal itu dibuktikan M Alfi Kesuma, atlet taekwondo berprestasi asal Jawa Barat.

Mahasiswa kepelatihan fisik FPOK Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kerap meraih prestasi yang membanggakan di ajang nasional maupun internasional. Ia kerap mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan internasional Taekwondo Poomsae, salah satunya di ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur.

Teranyar, Alfi meraih medali emas di ajang PON XX 2021 Papua bersama kedua rekannya M Rizal dan M Syarif Hidayatullah. Sisi lain dari Alfi, adalah kecintaannya dalam menimba ilmu agama di Pesantren Ashriyyah Nurul Iman, Bogor.

Salah satu magnet yang membuatnya tertarik untuk menjadi santri, adalah sosok Habib Saggaf bin Mahdi bin Syeikh Abu Bakar. Alfi mengakui, ia pernah punya pengalaman menarik terkait dengan Habib Saggaf ini.

Sebelumnya, ia hanya mengenal sosok pimpinan pondok pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman itu sejak 2015 lalu. "Saya tahu dari santri beliau yang ikut taekwondo diceritakan ke saya kalau beliau itu memiliki keseharian (menarik) dan karomah, saya tertarik ingin bertemu dengan beliau tapi setelah lima tahun belum juga ketemu beliau," kata Alfi saat berbincang dengan detikcom, belum lama ini.

Sampai akhirnya pada tahun 2020, Alfi mendapatkan sebuah musibah yang membuatnya nyaris putus asa. Tiba-tiba suatu malam ia mendapatkan bisikan di hati untuk pergi ke pesantren Habib Saggaf.

"Tahun 2020 saya dapat musibah. Saya dapat bisikan di hati, jangan lupa ke pondok. Ke Abah. Di situ awalnya saya tidak menghiraukan karena habis latihan cape. Saya tidur, kemudian saat bangun dapat bisikan lagi jangan lupa ke Abah," kata Alfi.