Longsor Terjang Satu Rumah Warga di Lembang Bandung

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 19:30 WIB
Longsor di Lembang Bandung
Rumah warga rusak diterjang longsor. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Hujan deras mengakibatkan tebing longsor di Kampung Cikole, RT 5 RW 6, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (19/10/2021). Longsoran tanah itu menerjang satu rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Tebing setinggi 12 meter itu tiba-tiba meluncur lantaran tergerus air hujan. "Tadi sore itu kan hujan deras, kebetulan saya sedang di dalam rumah. Saya sama keluarga panik setelah dengar ada tanah yang longsor dari atas, terus keluar rumah ternyata iya ada longsor," ucap Iim, warga setempat.

Kerusakan pada rumah Iim pun hanya sedikit. Namun tanah longsor dari tebing tersebut menutup akses menuju rumahnya, sehingga ia harus mengungsi ke kerabat terdekatnya.

"Tadi di rumah bersama dua anak, istri dan emak, semuanya selamat. Kerusakan rumah enggak terlalu, cuma tidak bisa dilewati karena tertutup longsor," tutur Iim.

Tak cuma rumah Iim, longsor juga mengancam tiga rumah lain yang posisinya tepat berada di bawah tebing tersebut. Sementara itu, berdasarkan informasi dari BPBD KBB, hujan deras sejak Selasa sore mengakibatkan sejumlah rumah di lima RW serta akses jalan di Desa Cikole terendam banjir.

Kepala Pelaksana BPBD KBB mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi menghadapi potensi bencana mengingat saat ini sudah memasuki musim pancaroba ditandai dengan intensitas hujan yang mulai tinggi. "Saat ini kita sedang memasuki peralihan musim dari kemarau ke musim hujan. Prediksi BMKG puncak musim hujan di Januari 2022. Tapi pancaroba ini dapat memicu terjadinya cuaca ekstrem seperti angin kencang, puting beliung, hujan dengan intensitas yang sangat tinggi, sampai longsor," tutur Duddy.

Sehari sebelumnya, Senin (18/10), hujan deras memicu longsor hingga banjir bandang di tiga wilayah di KBB. Kejadian longsor pertama di Kampung Cikole, RT 5 RW 6, Desa Cikole, Kecamatan Lembang. Akibat longsor itu, rumah milik Pepen (50) mengalami kerusakan cukup parah pada bagian dapur.

Bencana longsor kedua terjadi di Kampung Pasir Ipis, RT 4 RW 6, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang. Longsor yang terjadi pada pukul 22.00 WIB menerjang rumah milik Agus Mulyadi hingga mengalami kerusakan cukup parah.

Selain longsor di dua lokasi tersebut, hujan deras yang mengguyur sejak sore hingga malam hari itu menimbulkan banjir bandang yang menerjang sejumlah rumah di Kampung Cilengkrang, RT 1 RW 8, Desa Pakuhaji, Kecamatan Ngamprah.

(bbn/bbn)