Bayi Laki-laki Ditemukan Depan Kontrakan Warga Cimahi, Ortunya Tulis Wasiat

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 17:07 WIB
Penemuan bayi di Cimahi.
Foto: Penemuan bayi di Cimahi (Whisnu Pradana/detikcom).
Cimahi -

Warga Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, dikagetkan dengan penemuan sesosok bayi mungil di depan kontrakan, Senin (18/10/2021) malam.

Bayi berjenis kelamin laki-laki itu ditemukan tetangga penghuni kontrakan dalam balutan selimut. Di dekatnya juga ada seperangkat peralatan bayi seperti dot dan susu. Lalu ada sepucuk surat wasiat yang ditulis oleh orangtua bayi malang tersebut.

Inti surat wasiat itu, yakni orang tua bayi menitipkan buah hatinya pada pemilik kontrakan bernama Darmawati. Bahkan bayi tersebut sudah diberi nama yakni Azkar Putra Wijaya. Untuk biaya perawatan nanti akan dikirimkan melalui kurir. Lalu jika keadaan sudah memungkinkan, ia bakal mengambil lagi anaknya tersebut.

Yayat Ruhiyat, tokoh masyarakat setempat mengatakan penemuan bayi tersebut berawal saat seorang warga pulang kerja. Ia melihat ada sesosok bayi terbalut selimut di depan rumah tetangga kontrakannya.

"Kebetulan saat itu sedang silaturahmi RT. Setelah dapat informasi itu kita langsung cek TKP. Memang ada bayi yang dibuang tapi kondisinya saat itu sehat, dibungkus kain di depan kontrakan Ibu Darma. Dilengkapi perlengkapan bayi, selimut, susu, dot," ungkap Yayat kepada wartawan, Selasa (19/10/2021).

Pihaknya bergegas membawa bayi tersebut untuk dilakukan pengecekan kesehatan oleh bidan yang kebetulan berada di depan rumah Yayat. Hasilnya bayi itu benar-benar dalam kondisi sehat walafiat

"Daripada meributkan ini bayi siapa dan soal surat wasiatnya, akhirnya saya ambil langkah membawa bayi itu untuk dicek kesehatannya ke bidan terdekat. Setelah dicek sama bidan alhamdulillah kondisinya sehat," tutur Yayat.

Yayat mengatakan saat ini keberadaan orangtua dari bayi malang tersebut belum diketahui. Namun pihaknya menyebut kemungkinan pelaku pembuang bayi tersebut bukan warga setempat.

"keberadaan orang tuanya belum diketahui, masih terus dicari. Kemungkinan (pelakunya) bukan warga sini, sepertinya yang melintas lalu sengaja membuang bayinya di situ. Tapi bisa jadi ada keterkaitan teman dengan yang dititipkan karena di surat wasiatnya pelaku menyebut nama orang yang dititipkan," terang Yayat.

Kini bayi yang diperkirakan baru berusia satu minggu itu dirawat oleh Yayat. Keluarganya pun tak keberatan menambah satu orang anggota keluarga lagi untuk diurus.

"Bayi akan diurus dulu, demi kebaikan bayinya. Sambil polisi menelusuri orangtua bayi tersebut," pungkas Yayat.

Sementara itu Darmawati, penghuni kontrakan tempat bayi ditemukan mengaku tak tahu siapa orang yang membuang bayi malang itu di depan pintu kontrakannya.

"Enggak tahu siapa yang buangnya. Kebetulan enggak punya teman yang sedang hamil juga," tutur Darmawati.

(mso/mso)