Orang Pinggiran

Kadma Hidup Berdampingan dengan Rel Kereta

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 13:01 WIB
Warga Pinggir Rel Kereta Cirebon
Rumah warga di Cirebon yang berdampingan dengan rel kereta. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

Puluhan KA Melintas Per Hari

Kota Cirebon masuk dalam wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon. Menurut data yang dirilia PT KAK Daop 3 Cirebon, berdasarkan rencana grafik perjalanan kereta api (Gapeka) sebanyak 117 kereta api yang melintas.

"Sebelum PPKM jumlah terbanyak itu per harinya mencapai 72 kereta api. Pada Agustus lalu saat PPKM sebanyak 46 kereta api per hari yang melintas. Periode Oktober ini 60 kereta api yang melintas rata-ratanya," kata Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto.

Suprapto menegaskan catatan perjalanan kereta api itu belum termasuk dengan lalu lintas kereta barang. "Kereta barang lebih fluktuatif. Itu hanya kereta penumpang," kata Suprapto.

Suprapto mengaku PT KAI bersinergi dengan Direktorat Jendral Perkeretapian Kemenhub melaksanakan sosialisasi dan peningkatan sarana keselamatan lalu lintas di rel kereta api, termasuk di pemukiman yang berada di sekitar rel. PT KAI Daop 3 Cirebon melalui Kemenhub telah membangun pagar pembatas atau pemisah antara pemukiman dan rel.

"Sebelum dan saat pandemi juga kita datang ke rumah-rumah warga di sekitar perlintasan kereta api. Kita edukasi soal keselamatan dan memberikan CSR juga," kata Suprapto.


(bbn/bbn)