Dendam Kesumat Pemicu 2 Nelayan Sukabumi Dibacok

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 18:20 WIB
Sukabumi -

Tatapan mata L (47) tajam. Kedua tangannya diborgol saat digiring petugas Satuan Reserse dan Kriminal Polres Sukabumi.

Pria itu nekat menyerang dan membacok dua nelayan di tengah keramaian aktivitas warga, Jalan Pelita-Jalan Siliwangi, Palabuhanratu Sukabumi, Kamis (14/10).

Tatapan mata L perlahan sayu. Kemudian ia menunduk saat ditanyai Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah soal aksi pembacokan kepada nelayan tersebut. Dedy pun bertanya soal golok yang dibawa pelaku.

"Golok ini dipersiapkan atau bagaimana saat menemui Samidi (korban)," tanya Dedy kepada pelaku, Jumat (15/10/2021).

L menjelaskan golok itu tidak disiapkan. Namun ia mengakui selalu membawa golok di bawah jok motor. Golok itu biasa ia pakai saat bekerja sebagai sebagai nelayan.

"Tidak, itu (golok) selalu disimpan di bawah motor. Biasanya selalu dibawa pulang dari kerja," ucap L kepada Dedy di hadapan awak media.

L kemudian bercerita terpaksa melukai Samidi karena dendam kesumat. Sebab, temannya dikeroyok lalu dihajar. "Begitu mendapat kabar itu, saya langsung mendatangi korban dan langsung spontan membacok pakai golok," cerita L.

Sebelumnya, Dedy juga mengutarakan hal serupa sesuai dengan yang diceritakan pelaku. Motif dendam melatari perbuatan pelaku terhadap korban, sementara untuk korban lainnya yakni Satim terkena sabetan karena berusaha melerai.

"Motif pelaku membacok korban dikarenakan teman pelaku tersebut pernah dipukul oleh korban Samidi. Akibat serangan itu korban sendiri mengalami luka bacok di punggung dan di wajah. Sedangkan Satim mengalami luka di tangan karena berusaha melerai," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah.