Calo Pekerja Migran Indonesia Asal Cirebon Dibekuk

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 18:06 WIB
Ilustrasi tangan diborgol
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Bandung -

Badan Pelindungan Pekerjaan Migran Indonesia (BP2MI) bersama Polda Jabar meringkus calo penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal. Sebanyak 36 orang calon PMI berhasil diselamatkan dari keberangkatan ilegal.

Satu orang calo yang berinisial TM itu diamankan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar dan BP2MI Bandung pada Rabu (13/10) kemarin. Calo perempuan itu ditangkap di Cirebon.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani menuturkan penangkapan terhadap TM ini bermula dari hasil sidak yang dilakukan BP2MI di tempat penampungan di Cirebon tahun lalu. Saat dilakukan sidak, BP2MI menemukan ada 27 orang yang menghuni dua lokasi penampungan di Cirebon

"Sidak tersebut didasari adanya pelaporan bahwa adanya perekrutan calon PMI secara illegal di wilayah Cirebon. Pasca sidak, sebanyak tujuh orang dibawa ke Jakarta untuk diperoleh keterangan lebih lanjut sementara sisanya tetap tinggal di penampungan," ucap Benny di kantor BP2MI Bandung, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (15/10/2021).

Benny menuturkan TM sendiri hendak melakukan penempatan calon PMI secara ilegal. Total calon PMI hasil rekrutan TM berjumlah 36 orang.

"Sebanyak empat orang berasal dari Jawa Barat dan sisanya dari luar Jawa Barat," kata Benny.