Pemkab Pangandaran Bangun 3 Jembatan di Pantai Karangtirta

Faizal Amiruddin - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 15:58 WIB
Jembatan di Pangandaran
Jembatan Aston di Pangandaran (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Pemkab Pangandaran melakukan perubahan rencana pembangunan jembatan Cikembulan-Karangtirta. Awalnya jembatan yang dikenal dengan sebutan jembatan Aston itu akan dibangun 1 buah dengan bentangan yang panjang. Namun kini diubah dan direncanakan dibangun menjadi 3 buah jembatan.

Perubahan itu disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari pertimbangan teknis hingga pertimbangan pengembangan wisata.

Kepala Bidang Binamarga Dinas PU Pangandaran Nanang Heryanto membenarkan adanya perubahan rencana pembangunan tersebut. "Salah satu pertimbangannya karena hasil kajian teknis, kondisi tanah di dekat pantai dan muara itu dipandang kurang mendukung untuk pembangunan jembatan dengan bentangan yang panjang," kata Nanang, Jumat (15/10/2021).

Ada kekhawatiran jika dipaksakan bisa membahayakan keselamatan karena kondisi tanah atau pondasi jembatan merupakan sesuatu yang sangat vital

"Sehingga diubah dengan membangun 3 jembatan, walau pun perubahan ini memicu penambahan kebutuhan anggaran," ucap Nanang.

Namun demikian di sisi lain, dengan dibangun 3 buah jembatan maka ada dampak positif bagi pengembangan pariwisata di pantai Karangtirta. Jika hanya ada 1 jembatan panjang, maka sebagian besar kawasan pantai Karangtirta tidak akan dilalui. Karena posisinya jadi berada di bawah jembatan.