Sisir Gunung Ciremai, Polisi Pastikan Tak Ada Lagi 'Mother of Satan'

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 14:37 WIB
Gunung Ciremai, Lokasi Penemuan Bom Mother of Satan 35 Kg Milik Teroris
Lokasi penemuan bom 'Mother of Satan' milik teroris di kaki Gunung Ciremai. (Foto: dok. istimewa)
Majalengka -

Polisi memastikan tidak ada lagi bom yang tersimpan pascapenemuan TATP 'Mother of Satan' sebanyak 35 kg di kaki Gunung Ciremai. Lokasi bahan peledak itu ditemukan di Blok Malarhayu, Desa Bataragung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada Jumat (1/10).

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi mengungkapkan Tim Densus 88 telah meyakinkan tidak ada lagi bom yang tersimpan di sekitar area kawasan Gunung Ciremai. "Memang beberapa waktu lalu telah diambil oleh Densus 88 bom yang disimpan oleh tersangka teroris. Terakhir diyakinkan bahwa tidak ada lagi bom yang tersimpan di wilayah sekitar," kata Edwin di Mapolres Majalengka, Rabu (6/10/2021).

"Kemudian kemarin juga Densus 88 sudah menyisir mencari ulang dan dipastikan tidak ada," ucap Edwin menambahkan.

Menurutnya, bahan peledak TATP yang dikenal dengan nama 'Mother Of Satan' itu sudah tersimpan lama di lokasi yang berada di ketinggian 1.450 mdpl. "Bom ini memang sudah disimpan oleh pelaku sejak lama. Lokasi juga di atas gunung jauh, dari permukiman," ucapnya.

Maka itu, Edwin meminta masyarakat tidak perlu khawatir berkaitan temuan bom 'Mother of Satan' tersebut. Ia justru mengajak warga agar turut serta menjaga kamtibmas di lingkungannya.

"Kita harapkan ada peningkatan partisipasi masyarakat untuk bergabung dalam kegiatan poskamling dan masyarakat sadar untuk turut serta memelihara situasi kamtibmas," tutur Edwin.

(bbn/bbn)