Bangun Rumah Sakit Non-APBD, BUMD Jabar Siapkan Tiga Skema

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 17:10 WIB
kesehatan jantung
Ilustrasi kesehatan (Foto: thinkstock)

Skema lainnya, yakni pemilik lahan menjadikan lahan sebagai modal yang disertakan. Sehingga ikut dalam porsi kepemilikan rumah sakit sejak awal. Opsi berikutnya adalah membeli atau pengadaan lahan sendiri untuk rumah sakit.

"Untuk lahan sendiri sedang dicari di lahan kawasan industri, kami sudah kontak kawasan industri di Karawang dan Bekasi, lagi survei lokasi juga," ujarnya.

Ia berharap skema BOT diambil daerah mengingat skema tersebut memberikan keuntungan pada daerah mulai dari pemasukan sewa per tahun hingga kepemilikan bangunan jika kerjasama telah selesai. "Paling mudah itu beli lahan sendiri, tapi kami memikirkan skema terbaik bagi daerah," tutur Hanif.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan Pemprov Jabar berhasil mendatangkan dana Rp 14 triliun dari pihak ketiga melalui skema KPBU untuk membangun rumah sakit. Ia harapkan, jumlah rumah sakit di Jabar bisa bertambah hingga 25 rumah sakit dalam kurun waktu 15 tahun ke depan.

"Ini mengejar 23-25 rumah sakit dalam 15 tahun ke depan bukan dari dana APBD, karena kita berhasil membawa target pembangunan tapi tidak menggunakan APBD," katanya.

"Australia membawa Rp 14 triliun sebagai tahap satu. Nah nanti 2021 akan dibangun dicicil di seluruh wilayah Jawa Barat bagian dari RPJMD juga. bahwa COVID-19 ini harus mengedepankan kesiapan infrastruktur kesehatan juga," ujar Ridwan Kamil.


(yum/bbn)