Bangun Rumah Sakit Non-APBD, BUMD Jabar Siapkan Tiga Skema

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 17:10 WIB
kesehatan jantung
Ilustrasi kesehatan (Foto: thinkstock)
Bandung -

Pemprov Jawa Barat tengah mengupayakan pembangunan rumah sakit non-APBD. Terdekat, Pemprov melalui BUMD PT Jasa Sarana bekerja sama dengan Aspen Medical Australia untuk membangun fasilitas kesehatan tersebut.

Direktur Jasa Sarana Hanif Mantiq mengatakan saat ini pihaknya bersama Aspen Medical Australia telah membentuk perusahaan patungan bernama PT Sanusa Medical Hospitals (PT SMH). Perusahaan itu dibentuk pada 2 Agustus 2021.

"Sekarang kami tengah melakukan penjajakan berbagai skema kerja sama dengan pemerintah daerah terutama terkait penyediaan lahan," kata Hanif dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Menurut Hanif, ada tiga daerah yang tengah dijajaki untuk penyediaan lahan yaitu Subang, Sukabumi dan Karawang. PT SMH menawarkan kerja sama kepada pemda antara lain dengan sistem built operate transfer (BOT), yang dimana SMH menyewa lahan pada daerah dengan jangka waktu panjang, kemudian membangun rumah sakit dan menyerahkan pada daerah sebagai aset setelah kurun waktu kerja sama selesai.

"Kami sedang menyurati salah satu pemerintah daerah bisa tidak asetnya kami sewa, setelah 30 tahun kami serahkan bangunannya, setiap tahun kami bayarkan uang sewanya. Kami mencari skema yang terbaik karena lahan ini merupakan aset pemda," ujar Hanif.