Jokowi Minta Vaksinasi di Pandeglang-Serang-Lebak-Tangerang Dikebut!

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 16:24 WIB
The organs of the central nervous system (brain and spinal cord) are covered by 3 connective tissue layers collectively called the meninges.
Foto: Ilustrasi (thinkstock).
Serang -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta genjot vaksinasi khususnya di tiga kabupaten yaitu Pandeglang, Lebak, dan Serang. Tiga daerah itu vaksinasinya belum mencapai di atas 30 persen.

"Vaksinasi, sudah ada di atas 30 (persen) tapi hati-hati masih ada yang di bawah 20 (persen), Pandeglang, Lebak Serang, Tangerang. Kapolda, dibantu kabupaten ini untuk mengejar paling tidak di atas 30 (persen)," kata Jokowi saat memberikan arahan di Pendopo Gubernur Banten, Serang, Selasa (21/9/2021).

Khusus tiga daerah yang perlu dibantu adalah Pandeglang, Serang dan Lebak. Jika memang daerah itu kekurangan vaksinator, maka kepala daerah harus menyampaikan langsung bahkan ke Panglima TNI atau Kapolri.

"Karena COVID ini nggak bisa sendirian. Misalnya Indonesia baik sendiri nggak bisa, kalau negara tetangga nggak baik, negara tetangga baik Singapura bagus, tapi negara tetangganya nggak bagus nggak bisa. Harus bareng-bareng," ucap Jokowi.

Daerah juga dilarang menyetok vaksin. Vaksin harus segera disalurkan ke kabupaten kota. Begitu datang dari Kementerian Kesehatan, provinsi dan kabupaten yang ada di Banten harus segera menghabiskan. Jokowi mencatat ada beberapa daerah di Banten yang vaksinnya masih cukup banyak.

"Serang masih, provinsi masih banyak, Kota Tangerang masih, jumlahnya masih. Penting sekali ini, habis minta ke Kemenkes. Sulit ke saya. Sulit ke Kemenkes, ke saya. Banten ini sangat penting sekali," ujarnya.

Presiden juga minta ada perhatian untuk protokol kesehatan di mal. Mal katanya banyak dikunjungi oleh orang yang justru terinfeksi.

"Hati-hati, nggak tahu ini apakah bisa dari luar daerah bisa juga dari masyarakat Banten sendiri. Agar diingatkan prokes di mal karena angkanya lumayan besar," jelas Jokowi.

(bri/mso)