Ribuan Sekolah di Kota Bandung Diizinkan Gelar PTM Terbatas

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 14:32 WIB
Poster
Ilustrasi (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Pemkot Bandung mengizinkan ribuan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Ada 2.007 sekolah dari PAUD hingga SMA/SMK yang diizinkan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Bambang Ariyanto mengatakan 2.007 sekolah tersebut berasal dari 330 sekolah yang sudah melaksanakan ujicoba PTM pada tanggal 8 September dan 1.667 sekolah yang sudah melaksanakan PTM sejak kemarin.

"Dari 4.000 (sekolah di Bandung), baru 2.007 (sekolah) yang menggelar PTM," ucap Bambang di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Kamis (16/9/2021).

Menurut Bambang, ribuan sekolah yang diizinkan tersebut telah melalui verifikasi yang ketat oleh Disdik Bandung. Sejak diizinkan beberapa waktu lalu, dia mengklaim penerapan protokol kesehatan di sekolah sudah berjalan baik.

"Alhamdulillah kita terus bergerak melakukan monitoring dan evaluasi. Sampai saat ini hampir semua sekolah yang diizinkan, sudah melaksanakan PTMT. Hanya beberapa sekolah belasan lah ya ada yang mengajukan pengunduran jadwal itu per hari ini, ada 16 pengajuan. Pelaksanaan selama kemarin dari tanggal delapan secara umum baik ya, karena mereka protokolnya sudah siap, guru-gurunya juga sudah siap dan paham. Semuanya sudah disosialisasikan oleh sekolah," tutur Bambang.

Dia menyatakan ada beberapa sekolah juga yang meminta pemunduran jadwal pemberlakuan PTM terbatas. Menurut dia, pemunduran itu dilakukan dengan alasan teknis.

"Ada beberapa sekolah yang belum siap itu karena di sekolahnya ada rehab bangunannya, mungkin karena kehati-hatian sekolah saja. Bukan karena sebaran Covid-19," kata Bambang.

(dir/bbn)