Ganjil Genap di Kawasan Lembang Bandung Berlaku Minggu

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 16:16 WIB
Polisi Atur Lalu Lintas di Kawasan Lembang
Polisi mengatur arus lalu lintas di kawasan Lembang. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada libur akhir pekan kali ini tak seramai biasanya. Tak terlihat penumpukan kendaraan di ruas Jalan Raya Lembang.

Berdasarkan pantauan detikcom, Sabtu (11/9/2021) sore, volume kendaraan di ruas Jalan Raya Lembang dari arah Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya cenderung ramai lancar. Tak ada antrean kendaraan yang hendak masuk ke objek wisata.

Di tengah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, objek wisata memang belum diizinkan buka. Hanya restoran dan penginapan saja yang boleh buka dan menerima kunjungan.

Kanit Dikyasa Polres Cimahi Iptu Hedi Kusdianto mengatakan lantaran belum nampak terjadinya peningkatan volume kendaraan secara drastis sehingga pihaknya belum menerapkan pola rekayasa ganjil genap.

"Untuk hari ini belum, besok (Minggu) akan diterapkan. Kalau di Padalarang ganjil genap sudah diterapkan dari hari kemarin (Jumat) sampai besok. Jadi sebetulnya sudah tersaring juga, apalagi di Pasteur dan Setiabudi juga ada penyekatan," kata Hedi saat dihubungi detikcom.

Untuk menekan mobilitas kendaraan wisatawan pihaknya melakukan penyekatan di beberapa titik seperti di Cikole. Jika terjadi kepadatan maka bisa dilakukan satu arah di Simpang Beatrix sampai Simpang Grand Hotel.

"Kita terus lakukan pemantauan volume kendaraan. Kalau ada kepadatan, kita lakukan one way seperti sebelumnya," ucap Hedi.

Ganjil genap di kawasan wisata Lembang diterapkan di Simpang Beatrix. Kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang bakal diarahkan ke Cisarua jika terjaring ganjil genap. Sementara kendaraan dari arah Cisarua menuju Lembang akan belok kanan menuju arah Bandung.

(bbn/bbn)