Gage di Bogor, Polisi Tilang Ambulans Lawan Arah-Tak Bawa Pasien

M. Sholihin - detikNews
Sabtu, 11 Sep 2021 16:08 WIB
Ambulans Ditilang di Bogor
Sopir ambulans ditilang polisi lantaran melawan arah dan tak bawa pasien saat ganjil genap di kawasan Puncak Bogor. (Foto: istimewa)
Bogor -

Polisi menilang ambulans saat pemberlakuan sistem ganjil genap (gage) di kawasan Puncak, Bogor, Sabtu (11/9/2021). Ambulans itu melawan arus dan tak bawa pasien saat menuju Jalan Raya Puncak.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian Napitulu mengatakan mobil tersebut diberhentikan karena berusaha melawan arus di Simpang Gadog. Saat bersamaan, petugas tengah memeriksa kendaraan menuju Puncak berdasarkan aturan ganjil genap.

"Benar kita amankan tadi sebuah minibus dengan tulisan 'AMBULANCE'. Karena menurut kami kendaraan tersebut tidak masuk dalam kategori darurat, kita minta putar arah dan sanksi tilang," kata Ardian di Simpang Gadog Bogor.

Kejadian ini berawal saat ambulans itu membunyikan sirene panjang dan melawan arus di Simpang Gadog. Mobil bernopol B-1382-PKD ini datang dari arah Ciawi menuju Jalan Raya Puncak.

Lantaran curiga, polisi menyetop ambulans tersebut. Polisi menyimpulkan mobil tersebut bukan kendaraan resmi ambulans dan tidak dalam kondisi darurat karena tidak membawa pasien.

"Ketika kita periksa, alasannya mau ke Puncak. Dia mengaku dapat telepon untuk menjemput orang cedera dan mau dibawa ke RSPG Cisarua. Pertimbangan kami, kenapa tidak menggunakan ambulans rumah sakit saja, kan lebih dekat," ujarnya.

"Ketika kita periksa, di dalam mobil ini si sopir berdua sama seorang perempuan. Sopir hanya pakai celana pendek. Saya kira ini bukan pakaian aman buat seorang sopir ambulans, apalagi musim pandemi gini. Itu pertimbangan lainnya," tutur Ardian menambahkan.

Lihat juga Video: Gage Sudirman Berlaku Akhir Pekan, Pesepeda Diarahkan Ke Jalur Lain

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)