Pembelajaran Tatap Muka Siswa SMA/SMK di Banten Digelar September 2021

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 14:41 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Serang -

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat SMA/SMK di Banten rencananya digelar pada September 2021. Pihak sekolah saat ini diminta untuk melakukan pendataan berapa persen siswa di masing-masing tempat yang sudah divaksinasi COVID-19.

"Rencana sih September, cuma kita lagi nyiapin, mendata vaksin dulu. Besaran siswa maupun guru yang sudah divaksin, mau tahu itu dulu," kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Taqwim kepada detikcom di Serang, Banten, Jumat (27/8/2021).

Pendataan itu termasuk untuk SMA/SMK yang dikelola swasta. Bagaimanapun, kata dia, Dindikbud butuh angka pasti berapa siswa dan guru yang telah menerima vaksin.

Satgas COVID-19 Banten sudah memberi lampu hijau agar belajar tatap muka bisa dilaksanakan. Apalagi, Kemendikbud pun sudah mengizinkan diselenggarakan belajar tatap muka.

"Secara eksplisit sudah, tapi kita perlu pastikan ketika PTM aman. Surat keputusan, surat edaran ke sekolah ke semua masyarakat, kan kita belum bikin itu. Bulan September pengennya mulai," ujarnya.

Dari 153 SMA dan 81 SMK Negeri di Banten, ia klaim vaksinasi sudah diberikan ke 90 persennya sekolah. Tapi, lanjut Taqwim pemberian vaksin itu responsnya beragam.

Ada sekolah yang siswanya baru 30 persen divaksinasi. Dan sudah ada setengahnya yang diberi imunisasi. Yang belum terdata secara utuh adalah tingkat SMA/SMK yang khusus dikelola oleh swasta.

"Respons siswanya beda-beda, ketika misalnya satu sekolah kita vaksin kan keterlibatan siswa divaksin ada yang 30 persen 50 persen dari yang ada. Tapi secara kelembagaan sudah," ujarnya.

(bri/mso)