Hadapi Bonus Demografi, Ini Kata PW Pemuda Muhammadiyah Jabar

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 19:47 WIB
PW Pemuda Muhamadiyah Jabar
Foto: PW Pemuda Muhamadiyah Jabar (Istimewa).
Bandung -

Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat Reza Arfah mengatakan bonus demografi yang akan dirasakan Indonesia termasuk Jawa Barat, harus dimanfaatkan betul demi perubahan yang lebih baik. Dia menyebut butuh role model pemuda intelek untuk menyambut bonus demografi tersebut.

Salah satunya dengan memunculkan sosok pemuda yang memiliki intelektualitas, integritas dan kepemimpinan yang baik agar mampu memicu generasi muda lainnya untuk tumbuh positif.

Hal ini disampaikan Reza, saat mendeklarasikan dukungan terhadap Ridwansyah Yusuf Achmad dalam pencalonan ketua KNPI Jawa Barat periode 2021-2024. Dia menjelaskan, pemuda merupakan aktor intelektual yang kehadirannya diharapkan membawa perubahan menuju arah yang lebih baik.

"Inilah kenapa pemuda disebut generasi penerus bangsa, karena yang menentukan kemajuan adalah para generasi mudanya," kata Reza dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (19/8/2021).

Reza menyebut, Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2030 mendatang. Oleh karena itu, Reza mengungkapkan momentum tersebut harus dimanfaatkan dengan baik, salah satunya dengan terus memunculkan pemuda yang memiliki kompetensi yang unggul.

"Perlu sosok pemuda yang menjadi role model bagi pemuda lainnya," ungkapnya.

Menurut dia, pemilihan ketua KNPI Jawa Barat pada 25 Agustus mendatang menjadi momentum yang tepat untuk memunculkan sosok tersebut. Dia menilai, perlu sosok yang tepat untuk memimpin organisasi kepemudaan di provinsi yang jumlah penduduknya paling banyak ini.

"Sebagai organisasi yang mengedepankan intelektual, kami ingin ada intelektual muda yang progresif, mampu berorganisasi yang bisa menjadi role model bagi generasi muda lainnya," jelasnya.

Reza pun tidak ragu untuk menyebut nama Ridwansyah Yusuf Achmad sebagai sosok yang tepat dan dibutuhkan saat ini. "Kami sudah sering berdiskusi, jadi kami tahu visi dan program-programnya. Syarat-syarat intelektual ada di Kang Yusuf," ujarnya.

Meski begitu, Reza mengingatkan sejumlah hal jika Yusuf menakhodai KNPI Jawa Barat. "OKP-OKP di Jawa Barat ini di dalamnya ada unsur pelajar dan mahasiswa, jadi KNPI harus lebih melibatkan pelajar dan mahasiswa dalam setiap program yang dijalankan," tambahnya.

Reza memastikan soliditas keluarga Angkatan Muda Muhammadiyah dalam mendukung Yusuf. Menurutnya, semua OKP yang ada di dalam naungannya itu akan solid memenangkan kandidat nomor dua tersebut.

"Pemuda Muhammadiyah, Nashiyatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah kaffah mendukung Ridwansyah Yusuf. Ini menjadi tradisi kami bahwa dalam setiap musda KNPI kami solid dalam mengusung," ujar Reza yang merupakan koordinator AMM Jawa Barat.

Sementara itu, Ridwansyah Ahmad Yusuf berjanji akan menjawab kepercayaan ini dengan program kerja yang baik. "Ini amanah yang harus dibalas dengan sinergitas dan kolaborasi dengan semua pemuda, termasuk pelajar dan mahasiswa," ujarnya.

Ia memastikan akan memberikan ruang lebih kepada mereka dalam beraktualisasi khususnya demi kesejahteraan masyarakat. "Bersama-sama berkolaborasi dan bersinergi, mengoptimalkan sumber daya pemuda demi kemajuan bangsa dan negara," pungkasnya.

(wip/mso)