Hilang 6 Hari di Gn Pangparang Sumedang, Pemburu Ini Ditemukan Selamat

Nur Aziz - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 13:56 WIB
Tim SAR gabungan berhasil menemukan pemburu yang hilang di Gn Pangparang
Tim SAR gabungan berhasil menemukan pemburu yang hilang di Gn Parangpang (Foto: Nur Aziz)
Sumedang -

Cucu Sunirman (38), warga Kampung Pasir Kaliki, RT/RW 014/012, Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang yang sempat dilaporkan hilang di Kaki Gunung Pangparang berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan, Kamis (19/8/2021) pagi. Korban ditemukan dalam keadaan selamat.

Kepala Tim SAR Gabungan, Danramil 1004/Tanjungsari Kapten Inf Agus Hermawan mengatakan korban berhasil ditemukan sekitar pukul 10.30 WIB. Korban ditemukan di sekitar saung kebun milik orang tuanya atau di blok Bubuai dalam keadaan selamat.

"Lokasinya di sekitar perengan saung atau arah Sabubuai masih masuk daerah Kampung Pasir Kaliki," ungkap Agus kepada detikcom di lokasi pencarian.

Saat ditemukan, kata Agus, korban secara fisik dalam kondisi sehat namun korban terlihat agak sedikit bingung.

"Korban agak sedikit bingung, jadi pas ditemukan korban belum bisa berkomunikasi dengan keluarga tapi sekarang korban sudah diserahkan ke keluarganya dan sekarang sudah bisa makan dan bisa berkomunikasi dengan keluarga seperti sediakala," ungkapnya.

Komandan Tim Rescue Basarnas Jawa Barat, A Rafik mengatakan korban ditemukan oleh tim gabungan saat korban kembali ke Saung di kebun milik orang tuanya sekitar pukul 10.30 WIB.

"Jadi korban ditemukan saat korban kembali ke Saung," kata Rafik.

Berdasarkan pengakuan korban, lanjut Rafik, korban yang dilaporkan hilang selama 6 hari ini, selama di hutan tidak merasakan lapar bahkan segala perbekalan dan senapan yang dibawanya ditinggalkan di tengah hutan.

"Jadi menurut pengakuan korban, saat di hutan korban selalu merasa kenyang, korban mengaku tidak makan dan tidak minum, segala perbekalannya pun dibuang di hutan berikut senapan anginnya ditinggalkan di hutan," terangnya.

Rafik menjelaskan, saat ditemukan, kondisi korban secara fisik dalam keadaan sehat namun korban terlihat sedikit bingung. Kendati demikian, korban saat ini sudah kembali sehat seperti sediakala.

"Korban saat ini sudah kembali ke keluarganya" ujarnya

Rafik mengimbau kepada masyarakat, jika ada kejadian serupa agar secepatnya melaporkan kepada pihak yang berwajib, seperti ke Babinsa, Bhabinkanmtibmas atau secepatnya kontak ke Basarnas Jawa Barat.

"Sebagai informasi kalau ada kejadian seperti ini jangan sampai telat pelaporan, masyarakat langsung secepatnya menghubungi pihak berwajib," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Cucu Sunirman (38), warga Kampung Pasir Kaliki, RT/RW 014/012, Desa Genteng, Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang dilaporkan hilang di Kaki Gunung Pangparang.

korban dilaporkan hilang sejak kepergiaannya pada Sabtu (14/8/2021) pagi yang sebelumnya pamit hendak pergi ke kebun orang tuanya sambil dilanjutkan dengan berburu burung.

(mud/mud)