Terungkap! Pemenang Tender Masker yang Dikorupsi di Banten Ternyata Satpam

Bahtiar Rifa - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 16:28 WIB
Sidang Korupsi Masker di Banten
Sidang korupsi masker di Banten (Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Serang -

Terdakwa Agus Suryadinata, pemenang tender penunjukan langsung masker COVID-19 jenis KN95 yang dikorupsi di Pemprov Banten, ternyata berlatar belakang satpam. Ia mendapat proyek senilai Rp 3,3 miliar bersama Direktur PT Right Asia Medika (RAM) Wahyudin Firdaus dan merugikan negara Rp 1,6 miliar.

Soal sosok Agus ini disampaikan saksi Irma Wimayanti di hadapan majelis hakim Tipikor Serang, Rabu (18/8/2021). Selain berlatar belakang pekerja satpam, suaminya Irma itu bukan pekerja di PT RAM yang jadi pemenang tender.

"Satpam, suami tidak pernah kerja di PT RAM," ucap Irma yang membenarkan keterangan di berita acara pemeriksaan yang dipegang jaksa.

Selain satpam, Agus bekerja sebagai wiraswasta. Tapi, Agus tidak pernah bercerita bahwa pernah bekerja di PT RAM.

Pascamendapatkan proyek pengadaan masker, pada sekitar Juni-Juli 2020, Irma dan suaminya membeli rumah seharga Rp 200 juta di Kota Serang, Banten. Rumah itu direnovasi menjadi dua lantai oleh salah satu saksi bernama Rojali.

"Biayanya nggak tahu (dari mana), yang tahu suami," ujarnya.

Begitu pengadaan masker diaudit dan merugikan negara, sertifikat rumah baru itu oleh terdakwa Agus dijadikan jaminan ke Pemprov Banten atas kelebihan pembayaran. Namun, kata Irma, tiba-tiba sertifikat tanah menjadi barang sitaan Kejati Banten.

"Saya nggak tahu, malah disita," ujar Irma.