Mal Jakarta Boleh Buka, Bagaimana Nasib Mal di Bandung?

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 15:17 WIB
Poster
Ilustrasi PPKM (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Mal di Jakarta diperbolehkan buka asalkan pengunjung dan pembeli telah divaksinasi COVID-19. Lalu bagaimana dengan aturan di Kota Bandung?

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasilah mengatakan sampai saat ini mal di Bandung belum diperbolehkan buka. Pasalnya, saat ini Bandung berada dalam kategori PPKM Level 4 bila mengacu pada Inmendagri No 27 Tahun 2021.

"Mal belum boleh buka dan Kota Bandung patuh terhadap kebijakan pemerintah pusat," ujar Elly saat dihubungi detikcom, Jumat (6/8/2021).

Meski demikian, pihaknya mengupayakan agar mal di Kota Bandung bisa segera dibuka kembali. Pasalnya, kondisi yang terus berlarut-larut ini membuat 12.475 pegawai mal dirumahkan dari 23 mal yang beroperasi di Kota Bandung.

"Ekonomi di Kota Bandung sudah sangat terpuruk, ada sekitar 12.475 pegawai mal sudah dirumahkan. Banyak tenant atau gerai yang tutup permanen karena sudah tidak sanggup bayar operasional, semoga ada pelonggaran untuk sektor ekonomi setelah PPKM Level 4 berakhir pada 9 Agustus 2021," tutur Elly.

Menurutnya, para pegawai di mal adalah pegawai yang membutuhkan sekali penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pemkot Bandung pun berupaya untuk mempercepat vaksinasi kepada para pegawai mal dan ritel (toko modern).

Sejauh ini, katanya, pegawai mal yang telah divaksinasi sebanyak 8.130 dari total 15.436 atau 52,67 persen. "Upaya dari Pemkot Bandung adalah mempercepat vaksinasi untuk para pegawai mal dan Ritel (toko modern), menerapkan prokes yang sangat ketat dengan 5M-nya," ucap Elly.

(yum/bbn)