Aksi Dokter-YouTuber Cirebon Berbagi Saat Pandemi

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 16:32 WIB
Dokter-YouTuber Cirebon Saling Bantu Saat Pandemi
Yasmin Dermawan menggelontorkan 1.000 paket sembako untuk masyarakat di Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Pandemi COVID-19 masih mengganas. Kasus pasien positif COVID-19 masih melonjak. Sejumlah masyarakat tergerak untuk saling membantu. Masyarakat dari berbagai profesi di Kota Cirebon dan sekitarnya mengulurkan tangan untuk saling meringankan beban.

Kasus COVID-19 yang belum melandai hingga pemerintah menerapkan PPKM darurat dan berlevel. Imbasnya, aktivis masyarakat terganggu, utamanya para pekerja harian lepas dan pedagang.

Kondisi demikian menggerakkan salah seorang dokter spesialis kandungan sekaligus pemilik rumah sakit ibu dan anak, Yasmin Dermawan menggelontorkan 1.000 paket sembako untuk masyarakat. Yasmin menggandeng Batalyon Arhanud 14/PWY dalam hal pendistribusian 1.000 paket sembako.

"Kami bagikan 1.000 paket bagi masyarakat yang terdampak PPKM. Semoga kita bisa melalui pandemi ini. Maka mari kita lawan bersama," kata Yasmin selaku pemilik RSIA Cahaya Bunda Cirebon kepada detikcom, Rabu (28/7/2021).

Yasmin berharap aksi saling bantu itu bisa menginspirasi yang lainnya. Sehingga masyarakat yang kesulitan ekonomi terbantu.

Tak hanya pemilik rumah sakit. Salah seorang YouTuber sekaligus tokoh agama, ustaz Ujang Busthomi, juga melakukan hal yang sama. YouTuber yang akrab disapa Kang Ujang Busthomi (KUB) itu membagikan ratusan juta kepada masyarakat. Ia blusukan ke beberapa titik pada pertengahan Juli lalu.

Dokter-YouTuber Cirebon Saling Bantu Saat PandemiUstaz Ujang Busthomi (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

Dia mengatakan uang yang dibagikan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 berasal dari penghasilan kanal YouTube miliknya. Kanal YouTube KUB itu memiliki 5,81 juta pengikut. Lebih dari 500 video telah ditayangkan di kanal miliknya.

"Mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat. Dan, pandemi segera berakhir. Iya ini murni dari penghasilan YouTube saya," kata KUB.

Ia mengklaim pernah mengeluarkan uang Rp 100 juta untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi di Cirebon. "Target sekitar Rp 400 juta sampai Rp 500 juta," kata KUB.