PPKM Level 4 Diperpanjang, Hotel di Jabar Kian Menjerit

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 14:52 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Bandung -

PPKM level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Perpanjangan PPKM ini membuat sejumlah hotel di Jawa Barat kian menjerit.

"Ya kondisinya jelas semakin parah, sudah pasti, semakin parah, sekarang semakin terpuruk, itu yang sudah jelas," ucap Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar saat dihubungi, Rabu (28/7/2021)..

Dengan kondisi ini, kata Herman, sejumlah hotel di Jabar masih tetap bertahan. Namun di sisi lain, para pengusaha juga sudah mengirimkan surat yang ditunjukkan kepada Gubernur-Bupati/Wali Kota di Jabar untuk meminta keringanan-subsidi.

"Isi suratnya kita mohon ada kebijakan yang bisa dibantu oleh pemerintah daerah untuk dibantu ke pusat, bisa masalah pajak, masalah PBB, masalah pajak-pajak yang sekarang harus dibayar, seperti pajak air tanah, genset, diharapkan ada dana stimulus bagi karyawan yang dirumahkan dan masih bekerja, yang jelas stimulus pemerintah kita harapkan, supaya semakin lancar," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga mendorong agar proses vaksinasi di lingkungan hotel. Sebab, kata dia, baru sebagian karyawan hotel yang divaksin.

"Lalu vaksin juga, harus mencapai target segera, vaksin kan baru 12 persen, sedangkan target 88 persen kan, kalau vaksinnya nggak mencapai, ya berarti ekonomi nggak bisa pulih," ujar Herman.

Simak juga video 'Satgas Beberkan 3 Pelajaran Penting dari Penerapan PPKM Level 1 hingga 4':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)