Kebut Vaksinasi, Pemkab Bandung Siapkan Skema 2 Pemuda Ajak 1 Lansia

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 21:14 WIB
Sejumlah pedagang di Bandung menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi COVID-19 dilaksanakan di mal dan toko swalayan di Kota Bandung.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Satgas COVID-19 Kabupaten Bandung terus menggenjot penyuntikan vaksin meskipun stok vaksin terus menipis. Termasuk vaksinasi kepada lansia yang masih rendah.

Tercatat dalam laman covid.bandungkab.go.id, per 27 Juli 2021, vaksinasi lansia baru mencapai 10 persen dari total sasaran. Di mana hanya 30.144 lansia dari target 312.789 lansia.

"Memang sulit karena banyak keterbatasan dan rasa takut," ucap Kepala Dinas Kesehatan Grace Mediana kepada detikcom di Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (27/7/2021).

Dinas Kesehatan pun menyarankan agar mulai menerapkan skema dua pemuda membawa satu lansia ketika akan suntik vaksin. Skema tersebut sedikitnya dapat mempercepat vaksinasi bagi lansia.

"Coba skemanya sekarang 2:1. Dua pemuda bawa satu lansia, bagi kita itu tidak masalah," ucap Grace.

Menurut Grace, vaksinasi bagi lansia amat sangat penting. Pasalnya, mereka termasuk dalam kategori rentan tertular dan berisiko tinggi mengalami kematian akibat penularan dari COVID-19.

Selain lansia, mereka yang melakukan aktifitas dengan mobilitas tinggi berisiko menularkan virus kepada lansia atau keluarga yang di rumah.

"Yang penting, mereka yang beraktivitas tinggi, harus kita beri vaksin. Karena mereka yang akan berdampak kepada lansia, di rumahnya, jadi buat kita apapun kita berikan," tutur Grace.

Sekadar diketahui, masih di laman yang sama, saat ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sekitar 29.226 kasus. Dari total tersebut, 23.956 kasus telah dinyatakan sembuh, 4.761 masih aktif dan 554 telah meninggal.

(bbn/bbn)