Geliat Vaksinasi di Antara Fosil Gajah Purba

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 18:56 WIB
Vaksinasi di Museum Geologi Bandung
Pelaksanaan vaksinasi di Museum Geologi Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Geliat vaksinasi COVID-19 di Jawa Barat terus dilakukan, salah satunya vaksinasi yang dilakukan oleh keluarga pegawai Badan Geologi pada Selasa (27/7/2021). Hal menarik dari kegiatan ini adalah tempat pelaksanaan vaksinasi yang tak biasa, yakni di area Museum Geologi.

Peserta vaksinasi langsung dihadapkan dengan gajah purba, yang dikenal dengan nama Gajah Blora (Elephas hysudrindicus). Fosil gajah yang menjulang dengan tinggi sekitar 2-3 meter itu menjadi pemandangan yang langsung disuguhkan begitu peserta masuk ke area tunggu.

Usai disuntik di Selasar Dalam, para peserta vaksinasi memasuki area observasi yang menggunakan ruang sayap kanan, Sejarah Geologi Indonesia. Vaksinasi pun terasa lebih menyenangkan bagi para peserta. Walau demikian protokol kesehatan dengan menjaga jarak tetap diterapkan secara ketat.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan, dalam kegiatan tersebut ditargetkan ada 1.500 penerima vaksin yang berasal dari keluarga pegawai Badan Geologi. Penyelenggaraan vaksinasi ini pun bekerjasama dengan Kodam III Siliwangi.

"Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi COVID-19 secara Nasional, Badan Geologi bekerjasama dengan Kodam III Siliwangi menggelar vaksinasi yang ditujukan kepada keluarga pegawai di lingkungan Badan Geologi," ujar Eko dalam keterangannya.

Vaksinasi di Museum Geologi BandungPelaksanaan vaksinasi di Museum Geologi Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Eko mengatakan, para peserta memulai kegiatan vaksinasi dimulai dari pendaftaran di halaman museum, screening di Auditorium museum, penyuntikan di Selasar Dalam hingga area observasi di ruang sayap kanan, Sejarah Geologi Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kodam III Siliwangi, yang telah bekerjasama dengan Badan Geologi untuk penyelenggaraan acara ini, dan juga kepada keluarga besar Badan Geologi yang sudah hadir untuk melakukan vaksinasi," kata Eko.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) menemukan korelasi antara cakupan vaksinasi COVID-19 dan kasus kematian. Semakin tinggi cakupan vaksinasi, tingkat kematian akibat COVID-19 semakin rendah.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan, korelasi itu berdasarkan laporan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar dan Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar) pada 23 Juli 2021, dan telah dipresentasikan ke Menko Marves, Sabtu (24/7/2021).

"Kota Bandung dan Kota Cirebon cakupan vaksinasinya tertinggi, jumlah kasus kematian terendah. Sedangkan, Kabupaten Karawang, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Indramayu dan Kota Tasikmalaya, cakupan vaksinasinya terendah, jumlah kasus kematian tertinggi," kata Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil, Senin (26/7).

(yum/bbn)