PPKM Darurat, Pedagang Pasar Baru Bandung Tagih Bansos-Dapur Umum

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 17:24 WIB
Poster
Ilustrasi PPKM Darurat (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Himpunan Pedagang Pasar Baru Bandung (HP2B) mendesak dan menagih pemerintah untuk memberikan kompensasi bagi pedagang yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Ketua HP2B Iwan Suhermawan mengatakan salah satu kompensasi yang dibutuhkan oleh para pedagang dan para karyawannya adalah bantuan sosial (bansos), baik berupa uang atau sembako.

"Kami meminta adanya bantuan sosial untuk para pedagang dan para karyawan dalam bentuk uang atau sembako selama berlangsungnya PPKM Darurat," tutur Iwan dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (17/7/2021).

Ia mengatakan, bila permintaan itu tidak terpenuhi, setidaknya pemerintah bisa mengadakan dapur umum di Pasar Baru Bandung. Hal itu bisa meringankan beban para pedagang dan karyawan.

"Setidak-tidaknya tidak kesulitan untuk makan," katanya.

Sekadar diketahui, saat ini terdapat 8.400 karyawan yang bekerja di Pasar Baru Bandung. Mereka bekerja di 4.200 tempat berjualan yang terpaksa tutup selama masa PPKM Darurat yang rencananya berakhir pada akhir Juli mendatang.

"Kami meminta kepada pemerintah Kota Bandung dalam hal ini Perumda Pasar Kota bandung sebagai pengelola bisa membebaskan atau menggratiskan service charge dan biaya listrik selama berlangsungnya PPKM Darurat ini," ujarnya.

Minimnya pendapatan pedagang selama masa PPKM Darurat, Iwan meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang pro dengan kondisi pedagang yang mendapatkan pendapatan harian. "Kementerian Pendidikan untuk bisa mengeluarkan kebijakan penangguhan pembayaran-pembayaran yang menyangkut kepada tahun ajaran baru dan pembayaran-pembayaran biaya semester serta yang berhubungan dengan pembayaran-pembayaran yang lainnya," tutur Iwan.

Pihaknya pun meminta Kementerian Keuangan membuat kebijakan menangguhkan pembayaran-pembayaran sektor perbankan atau sektor pembayaran yang lainnya. Sekadar diketahui, Aliansi Pedagang Bandung sempat menggelar aksi unjuk rasa di depan Pasar Baru Bandung. Salah satu tuntutan mereka adalah menolak perpanjangan PPKM Darurat.

(yum/bbn)