Wagub Jabar Minta Agen Tabung Oksigen Layani Perorangan

Deden Rahadian - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 19:50 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Sidak Agen Tabung Oksigen
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum sidak agen tabung gas oksigen di Kota Tasikmalaya. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya -

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke agen tabung gas oksigen medis di Jalan Juanda, Kota Tasikmalaya, Sabtu (3/7/2021). Uu turun langsung setelah mendengar keluhan warga dan rumah sakit yang kesulitan mendapat pasokan oksigen.

"Kita kan tahu di media sosial ada yang mencak-mencak oksigen nggak ada, padahal keluarganya dirawat di rumah sakit. Tapi pas kami pastikan di salah satu agen ini, ternyata oksigen cukup kok. Mungkin saja ada antrean karena permintaan naik," kata Uu.

Permintaan tabung gas oksigen meningkat tajam sejalan dengan tingginya angka pasien positif COVID-19. Kenaikannya lebih dari 200 persen dari hari biasa.

"RSUD Soekardjo yang biasa hanya 30 tabung maksimal dalam satu hari, saat ini bisa sampai 130 tabung," ucap Uu.

Pemprov Jabar meminta agar pihak agen melayani permintaan oksigen untuk perorangan. Sebab, kata Uu, saat ini banyak warga positif COVID-19 yang isolasi mandiri di rumah.

"Saya minta permohonan oksigen perorangan dilayani agen. Kan banyak yang isolasi karena rumah sakit penuh. Sementara ini pelayanan untuk kebutuhan oksigen tukang ikan dihentikan sementara demi kemanusiaan," tutur Uu.

Sementara itu, Fiki, staf Samator menjelaskan, stok oksigen di tempatnya aman. Bahkan, jumlah pegawai ditambah dua orang. "Meski permintaan naik lebih dari 100 persen, stok aman. Setiap hari kami punya stok 500 tabung hingga 800 tabung," ucap Fiki.

Menurut dia, meningkatnya permintaan oksigen ini terjadi sejak awal Juni. Terutama untuk kebutuhan medis sejumlah rumah sakit.

"Permintaan mayoritas dari rumah sakit di Tasikmalaya sampai Garut. Kami ya kewalahan juga," kata Fiki.

(bbn/bbn)