Soal Pelanggar PPKM Darurat, Kapolres Karawang: Sidang di Tempat

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 13:53 WIB
PPKM di Karawang
Gelar pasukan di Karawang berkaitan pelaksanaan PPKM Darurat. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)

Karawang saat ini masuk zona merah. Jubir Satgas Covid-19 Karawang Fitra Hergyana mengatakan pihaknya siap menjalankan PPKM Darurat.

Sesuai aturan PPKM Darurat, sektor non-esensial 100 persen diberlakukan WFH, kegiatan belajar mengajar berlangsung secara virtual, serta ditutupnya pusat perbelanjaan dan tempat peribadahan. Selain itu, supermarket, pasar tradisional, toko kelontongan, dan pasar swalayan hanya diperbolehkan buka hingga pukul 20.00 WIB.

Restoran dan warung makan tidak diperbolehkan makan di tempat. Sedangkan untuk transportasi jumlah kapasitas maksimal 70 persen dengan menggunakan protokol kesehatan. Fasilitas umum semacam sarana kegiatan kesenian atau budaya, olahraga dan sosial masyarakat ditutup selama penerapan PPKM Darurat. Selain itu, acara resepsi pernikahan maksimal 30 orang.

"Kita baru selesai rapat koordinasi dengan TNI-Polri. Saat ini PPKM mikro pun akan dilakukan sampai pada tingkatan RT di setiap desa. Kita melakukan operasi yustisi di seluruh wilayah yang ada di Karawang," kata Fitra.

Sejauh ini, menurut Fitra, tercatat 2.800 pasien COVID-19 yang isolasi mandiri dan 1.000 orang dirawat di rumah sakit. "Saat ini yang dirawat di rumah sakit 70 persen pasien COVID-19 yang mengalami gejala dengan saluran pernafasan," ujar Fitra.


(bbn/bbn)