130 Jenazah Dimakamkan di TPU Cikadut dalam Dua Pekan Terakhir

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 17:46 WIB
Bandung -

130 jenazah COVID-19 dimakamkan di TPU Cikadut, Kota Bandung dalam dua pekan terakhir. Hal ini tak terlepas dari melonjaknya kasus beberapa pekan terakhir.

Lonjakan pemakaman ini dirasakan, pasca libur panjang Lebaran. Dalam sehari, 8 hingga 10 jenazah bahkan lebih bisa dimakamkan di TPU Cikadut.

"Untuk update terkini di pemakaman COVID-19 Kota Bandung meningkat, dari Tanggal 1 bulan sekarang sudah hampir 130 an dimakamkan di area TPU Kota Bandung," kata Koordinator Pikul Jenazah COVID-19 Fajar Ifana kepada detikcom di TPU Cikadut.

Fajar berujar, karena keterbatasan tenaga, saat ini TPU Cikadut hanya menerima pemakaman jenazah asal Kota Bandung.

"Untuk jenazah yang berasal dari kabupaten kami tolak dulu di sini, karena penyediaan lahan terbatas, lubang juga terbatas, jadi untuk kabupaten kita pending, kasus Kota Bandung dulu," ujarnya.

Menurutnya, dalam sehari jumlah jenazah yang dimakamkan di TPU Cikadut bisa mencapai 8-10 jenazah. Terbanyak pernah mencapai 24 jenazah.

"Sehari bulan ini paling banyak 24 jenazah dari Pukul 06.00-24.00 WIB. Kalau rata-rata sehari enggak kurang 8-10 jenazah," ucapnya.

"Terjadi peningkatan sejak bulan kemarin dan bulan sekarang," tambahnya.

Karena terjadi peningkatan, Fajar mengakui jika tenaga para personil baik petugas pikul atau petugas gali juga menjadi kendala.

"Kendala personil terbatas, untuk penyediaan lubang kendala dari stamina aga terbatas juga dan kami juga minta tolong instansi terkait diperhatikan kesejahteraan penggali dan para pemikul jenazah," pungkasnya.

(wip/mud)