Kasus COVID-19 Naik, Sehari 22 Jenazah Dimakamkan di TPU Cikadut Bandung

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 13:31 WIB
Tukang jasa pikul jenazah COVID-19 di TPU Cikadut
Foto: TPU Cikadut (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Kasus COVID-19 di Kota Bandung kembali naik. Pemakaman jenazah pasien COVID-19 di TPU Cikadut, Kota Bandung juga mengalami peningkatan.

Koordinator Pikul Jenazah COVID-19 Fajar Ifana mengatakan, sejak Kamis (10/6/2021) pagi hingga siang sudah ada 6 jenazah yang dimakamkan.

"Naik, hari kemarin 22 jenazah, bulan kemarin 153 jenazah. Hari ini, 6 jenazah pagi sampai siang," kata Fajar via sambungan telepon.

Fajar mengungkapkan, pemakaman COVID-19 paling tinggi terjadi bulan ini, sehari mencapai 22 jenazah. Sedangkan bulan kemarin, sehari mencapai 15 jenazah.

"Naik, satu bulan kemarin dan sekarang naik. Kalau turun, kadang ada kadang tidak, paling 3, ini paling tinggi sampai 22, kalau bulan kemarin sehari paling tinggi sampai 15," ungkapnya.

Hingga saat ini, sudah ada 1.570 jenazah dimakamkan di TPU Cikadut. "Hingga sampai Tanggal 8 Juni sudah 1.570 jenazah. Belum hari ini, itu jumlah dari pertama," ujarnya.

Fajar menambahkan, selain warga Kota Bandung, warga di luar Kota Bandung juga ada yang dimakamkan di TPU Cikadut.

"Sekarang dari luar Kota Bandung juga ke sini, dilimpahkan ke Cikadut. Soalnya di daerah lain di Kabupaten Bandung diminta Rp 2 juta untuk memakamkan. Di sini yang diwajibkan hanya membayar Perda Rp 475 ribu," ucapnya.

Meskipun meningkat, Fajar dan timnya di TPU Cikadut tetap siaga. "Teman-teman siap di lapangan, siapkan lubang, kalau malam sediakan lubang 10, kalau kurang gali ngedadak," ujarnya.

Di sisi lain, Fajar mengeluhkan soal APD kepada Pemkot Bandung. Pasalnya jumlah APD kurang memadai.

"APD kurang, kesejahteraan PHL gali dan pikul juga perhatikan, terutama makanan, masa kita sampai harus makan singkong mentah," ujarnya.

"APD dikasih satu minggu 12 biji per group, ada 3 group, itu juga kadang tidak setiap minggu ada, sekarang sudah enggak ada yang ngasih dari lembaga lain, enggak kaya pertama," pungkasnya.

Data yang dihimpun dari Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung jumlah kasus aktif 882 kasus, sembuh 19.173 orang dan meninggal 359 orang.

Lihat juga video 'Pasien Corona di Wisma Atlet Meroket, Kini Rawat 3.217 Orang':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)