Round-Up

Kesal Satpol PP Berujung Tutup McD Bandung Gegara Promo BTS Meal

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 07:59 WIB
Gerai McDonalds di Bandung Disegel
Petugas menutup gerai McD di Kota Bandung. (Foto: istimewa)
Bandung -

Tiga gerai McDonald's (McD) di Kota Bandung disegel dan ditutup petugas Satpol PP. Restoran siap saji itu melanggar protokol kesehatan (prokes) gegara promo menu BTS Meal yang memicu kerumunan orang yang didominasi driver ojek online (ojol).

Pihak Satpol PP Bandung menuding manajemen McD abai prokes. "Baru tiga (gerai McD), di Buahbatu dan Cibiru. Kalau yang di Cicendo juga dihentikan oleh aparat kecamatan," kata Plt Kabid Tibum Satpol PP Kota Bandung Idris Uswendi via sambungan, Rabu (9/6).

Sesuai Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung, menurut Idris, sanksi pelanggarannya berupa penutupan sementara operasional. "Ditutup sementara. Kalau ketentuan Perwal itu empat belas hari (ditutup sementara), karena melanggar prokes," ujar Idris.

Satpol PP kesal adanya peluncuran menu makanan tersebut yang menimbulkan kerumunan orang. Selain itu, menurut Idris, pihak McD tidak berkoordinasi dengan pemerintah berkaitan peluncuran BTS Meal.

"Sangat disayangkan, Kota Bandung ada peningkatan (COVID-19), keterisian rumah sakit sudah jelas (naik)," ujarnya.

"Ini mendukung atau nggak program Pemkot Bandung atau gimana ini? Kok nggak ada konfirmasi, tidak minta persetujuan dan lain-lain. Sudah jelas, pasti sudah diantisipasi dampaknya seperti apa, (program promo) di kita kang langsung diserbu," Idris menambahkan.

Pihaknya mengimbau kepada pelaku usaha lain agar tidak melakukan hal serupa. "Program pemerintah harus didukung, kita kan bekerja untuk rakyat," ucap Idris.

Pada Rabu kemarin, puluhan driver ojol mengantre di gerai McD Kopo Mas untuk mengambil orderan pelanggan. Karena sebabkan kemacetan, akibat banyak motor yang parkir di bahu jalan, sejumlah polisi melakukan pengaturan arus lalu lintas di Jalan Soreang-Kopo.

"Lagi ada promo pak," kata salah satu driver ojol.

Menurutnya, karena lagi ada produk khusus, antrean bisa sampai 30 menit karena banyaknya peminat. "Membludak banget, banyak yang minatnya," dia menambahkan.

Simak juga 'Petugas Gabungan di Surabaya Halau Kerumunan Pengantre BTS Meal':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/bbn)