Cerita TKW Bandung Dituding Simpan Narkoba-Dibui di Malaysia

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 20:24 WIB
TKW Bandung Barat
Rima Diana (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Rima Diana (31), warga Kampung Pasir Lame, Kabupaten Bandung Barat (KBB), harus menjalani hukuman penjara di Malaysia. Tenaga kerja wanita (TKW) itu dituding menyimpan narkoba di rumahnya. Padahal ia mengaku tak tahu apa-apa soal keberadaan barang haram yang ditemukan polisi.

Ibu satu anak itu menjalani hukuman penjara setelah dijatuhi vonis oleh hakim pengadilan Malaysia selama 13 tahun. Namun pemerintah Indonesia melalui kedutaan besarnya di sana berhasil melobi hingga dirinya divonis 11 tahun penjara.

Dalam perjalanannya menjalani masa tahanan, Rima akhirnya dibebaskan pada November 2020 setelah menjalani masa tahanan selama 7 tahun 2 bulan.

Kepada detikcom, Rima menceritakan bagaimana pengalaman pahit itu mewarnai hari-harinya di negeri rantau. Semuanya berawal saat Rima nekat mengadu nasib sebagai PMI di Malaysia pada 2007 silam. Saat itu usianya masih amat muda, baru 17 tahun.

"Saya berangkat ke Malaysia itu 2007 melalui agen resmi tahun 2007. Awalnya dijanjikan kerja di rumah tangga warga Malaysia," ujar Rima saat ditemui di kediamannya, Rabu (9/6/2021).

Setibanya di Malaysia, apa yang dijanjikan tak sesuai kenyataan. Dia malah ditempatkan untuk bekerja di sebuah restoran China. Rima hanya bertahan selama enam bulan, alasannya ia tak tahan harus bersentuhan dengan olahan daging babi setiap hari.

"Akhirnya saya nekat keluar dari situ. Karena kerjanya juga capek banget, dari jam tujuh pagi baru selesai jam satu pagi. Tidur baru bisa jam dua pagi," ucapnya.

Rima kemudian ikut temannya sesama TKW di Malaysia untuk bekerja di sebuah pabrik elektronik. Bekerja di sana membuatnya nyaman dan mampu menghidupi keluarganya yang ada di Indonesia. Rima pun mulai fasih berbahasa Malaysia sambil menikmati hari demi hari di negara tetangga Indonesia itu.

Di pabrik itulah ia berkenalan dengan seorang pria warga negara Malaysia keturunan India hingga akhirnya menikah pada 2012. Saat tengah mengandung enam bulan, ia jatuh sakit dan dibawa untuk tinggal di rumah adik iparnya pada 2013. Dari sanalah petaka mulai menghampirinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2