Ancam Anggota Koramil Pakai Sajam, 2 Warga Ciamis Ditangkap Polisi

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 17:06 WIB
Ilustrasi Balapan Liar
Foto: Iustrasi (nala edwin).
Ciamis -

Dua warga Ciamis, Jawa Barat, diamankan oleh aparat setelah mengancam anggota Koramil 1311 Rajadesa dengan menggunakan senjata tajam (Sajam). Pengancaman itu terjadi pada Selasa (8/6/2021) di Dusun Cipinang, Desa Tanjungsari, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis.

Kapolsek Rajadesa AKP Iis Yeni Idaningsih membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya telah mengamankan dua orang warga yang diduga melakukan pengancaman terhadap anggota TNI dengan membawa senjata tajam.

"Sudah diamankan ke Mapolsek Rajadesa. Kemudian langsung kita limpahkan ke Mapolres Ciamis untuk dilakukan proses hukum," ujar Iis saat dihubungi detikcom, Rabu (9/6/2021).

Iis bercerita awalnya, pada Selasa dini hari, seseorang mendatangi rumah adik perempuan Peltu Asep Mulyadi (anggota TNI). Pria tersebut diduga adalah Sarna. Diduga akan melakukan perbuatan pelecehan dengan membuka celana gadis yang sedang tidur di kamarnya. Namun gadis tersebut bangun dan berteriak karena ketahuan kemudian pelaku kabur.

Pagi harinya, adik Asep Mulyadi menceritakan peristiwa yang dialaminya. Kemudian Asep Mulyadi mencari keberadaan Sarna tapi tidak ada di rumahnya. Termasuk mendatangi warga bernama Dayat alias Cehil menanyakan keberadaan Sarna. Setelah mengetahui keberadaannya, Asep kemudian pergi dinas ke Koramil.

Pada Selasa (8/6/2021) sore sekitar pukul 15.30 WIB, pelaku mendatangi rumah Asep tapi tidak kunjung keluar saat dipanggil. Karena saat itu Asep sedang berada di Koramil. Di rumah hanya ada istrinya. Kemudian pelaku pulang menggunakan motor dan datang kembali ke rumah Asep sambil membawa sabit sambil berteriak dan mengacungkan sabit. Karena tidak ada di rumahnya, pelaku kemudian pulang.

"Jadi pelaku datang diduga dalam keadaan mabuk setelah dari acara hiburan di daerah Sukadana. Kemudian kepikiran persoalan itu dan karena lagi mabuk jadi berani datang ke rumah Asep, nantang keluar, sambil bawa sabit," kata Iis.

Setelah mendapat informasi itu, petugas piket Koramil Babinsa Tanjungsari, anggota Koramil dan unsur Polsek Rajadesa menuju lokasi kejadian kemudian menangkap pelaku.

"Kita amankan dua orang pelaku karena khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan. Selasa malam dilimpahkan ke Polres Ciamis," ujarnya.

(mso/mso)