Polemik Postingan Ridwan Kamil, Pemprov: Itu Potret Petani Milenial Masa Depan

Erna Mardiana - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 10:42 WIB
Postingan Ridwan Kamil soal petani milenial
Postingan soal Petani Milenial yang jadi kontroversi. (Foto: Instagram Ridwan Kamil)
Bandung -

PT Agro Jabar, membela unggahan Ridwan Kamil mengenai Petani Milenial. Dirut BUMD milik Pemprov Jabar itu, Kurnia Fajar menyatakan, meski hasil panen yang di-posting gubernur bukan produk hasil peserta Program Petani Milenial, namun ia menegaskan proses penanaman di Smart Green House melibatkan anak muda, yaitu para siswa SMK pertanian di Garut.

"Mereka juga kan milenial, petani milenial," ujar Kurnia saat berbincang dengan detikcom, akhir pekan lalu.

Kurnia menjelaskan sejak 2017, pihaknya telah merintis petani milenial dengan membuka petani magang bagi siswa SMK di kelas akhir. Mereka, lanjutnya, yang dilibatkan dalam Smart Green House yang diresmikan Ridwan Kamil pada 27 Januari.

"Jadi Smart Green House di Wanaraja ini Demplot. Sebelum diresmikan oleh pak gubernur, proses persiapannya sekitar 4 bulan," katanya.

Demonstrasi pilot (Demplot) merupakan penyuluhan pertanian dengan cara membuat lahan percontohan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan. "Jadi Demplot ini bisa dikatakan introduksi program Petani Milenial. Saya bilang pada pak gubernur metode irigasi tetes (teknologi yang dipakai di Smart Green House) bisa direplikasi untuk peserta Petani Milenial," tutur Kurnia.

Sehingga, menurutnya, posting-an gubernur mengenai foto hasil panen Smart Green House dikaitkan dengan program Petani Milenial tak masalah. "Bukan petani magang. Ya bisa disebut talent," jawab Kurnia saat ditanya mengenai siapa lelaki di-posting-an gubernur yang memamerkan melon dengan celemek bertuliskan 'Petani Milenial'.

Simak juga 'Dede Koswara, Petani Yang Menepis Stigma 'Millenial":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2