Mochtar Kusumaatmadja Meninggal, RK: Beliau Sempat Bimbing Doktoral Ayah Saya

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 17:42 WIB
Menteri Luar Negeri (1978-1988) Mochtar Kusumaatmadja
Foto: Mochtar Kusumaatmadja (Ari Saputra/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja. Prof Mochtar meninggal dunia pada 92 tahun.

"Turut berduka cita atas berpulangnya Bpk Mochtar Kusumaatmadja. Almarhun memberikan pengabdian luar biasa kepada negara ini sebagai Menteri Luar Negeri dan Menteri Kehakiman pada era terdahulu," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu melalui akun Instagram pribadinya, Minggu (6/6/2021).

Lebih lanjut, Kang Emil menuturkan kenangannya saat Prof Mochtar menjadi pembimbing doktoral ayahnya Alm Atje Misbach. "Beliau juga Guru Besar Fakultas Hukum Unpad dan sempat membimbing doktoral ayahanda saya Alm Atje Misbach tentang Zona Ekonomi Eksklusif dalam konteks Hukum Laut Internasional," ucapnya.

Di ujung postingan yang dibubuhi gambar, Kang Emil sampaikan permohonan doa bagi Prof Mochtar dan keluarga. "Insya Allah husnul khatimah dan diterima iman Islamnya dan dilapangkan alam kuburnya. Dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan. Aamiin. Selamat jalan Pak Mochtar," ucapnya.

Seperti diketahui, Mochtar Kusumaatmadja yang mendapatkan tanda jasa Bintang Mahuputra Utama dan Bintang Mahuputra Adipradana ini meninggal karena sakit setelah sebelumnya sempat dibawa ke RS Siloam. Jenazah rencana dimakamkan dari rumah duka ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan.

(mso/mso)