Pusat Perbelanjaan-Mal di Bandung Tutup Lebih Awal Saat Malam Takbiran

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 15:13 WIB
Mal King centre di bandung
Mal di Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Sejumlah pusat perbelanjaan dan mal di Kota Bandung, Jawa Barat akan tutup lebih cepat, Selasa (12/4/2021) besok atau pada malam takbiran.

"Secara aturan sampai Pukul 21.00 WIB, tetapi anggota kami bervariasi, bahkan dari Pukul 17.00 WIB dan Pukul 18.00 WIB ada (yang tutup)," kata Kepala Bidang Hukum dan Lembaga APPBI Ruli di Balai Kota Bandung, Selasa (11/5/2021).

"Kita kembalikan (kebijakan) ke anggota masing-masing," tambah Ruli.

Ruli mengungkapkan, pusat perbelanjaan atau mal yang tutup dari awal sudah jadi tradisi yang dilakukan manajemen.

"Alasan internal dan sudah menjadi tradisi, seperti Pasar Baru Pukul 17.00 WIB atau Pukul 18.00 WIB sudah tutup. Bahkan Lebaran pertama masih tutup," ungkapnya

Bahkan menurutnya, ada pusat perbelanjaan atau mal yang tutup dan buka di Hari Lebaran.

"Ada juga pusat perbelanjaan yang hari pertama Lebaran buka, kebijakan dikembalikan kepada masing-masing manajemen," jelasnya.

Sementara itu, Kadisdagin Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, dalam aturan pusat perbelanjaan atau mal buka Pukul 10.00 WIB dan tutup Pukul 21.00 WIB.

Sekedar informasi, jalan di Kota Bandung ditutup dari Pukul 18.00 WIB di malam takbiran.

"Dalam Perwal buka Pukul 10.00 WIB sampai Pukul 21.00 WIB, itu resiko manajemen mal manakala ada penutupan jalan, akan sepi. Mau ikut tutup atau tetap buka diserahkan kepada manajemen," jelasnya.

Elly menyebut, hari ini pusat perbelanjaan dan mal di Kota Bandung sudah landai.

"Kami mengevaluasi hari ini sudah landai, di Kepatihan sudah landai, kami berharap mudah-mudahan sampai hari kemarin lonjakan pengunjungnya saja. Karena hari ini, laporan di lapangan sudah landai baik di Kings atau Yogya Kepatihan," pungkasnya.

(wip/mud)