Ular Sanca Pemangsa Kucing Ditangkap Warga di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 19:32 WIB
Warga menangkap ular sanca yang memangsa ternak di Cianjur.
Ular sanca yang ditangkap warga di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Warga Cianjur dihebohkan dengan kemunculan ular sanca sepanjang enam meter. Ular tersebut kerap memangsa hewan ternak dan kucing di lingkungan penduduk.

Alit Nurjamana (35), warga Kampung Tipar, menjelaskan ular sanca tersebut pertama kali dilihat ibu-ibu yang hendak pulang ke rumah, Jumat (7/5) malam. Ular itu diketahui memangsa kucing.

"Ibu itu langsung teriak dan memberi tahu warga. Tapi setelah dicek, ularnya sudah tidak ada," ujar Alit, Sabtu (8/5/2021).

Menurutnya, warga kembali melakukan pencarian ular pada Sabtu siang tadi. Ular itu ditemukan warga di semak-semak area kebun.

"Malam sempat tidak ketemu, ditambah kondisinya gelap. Tapi tadi siang warga akhirnya bisa menemukan ular tersebut dan mengamankannya," ujar Alit.

Alit mengatakan sanca itu diduga menjadi penyebab sering hilangnya hewan ternak warga, seperti ayam dan bebek. "Sebelumnya memang ayam ternak warga sering hilang. Diduga dimakan ular sanca ini. Karena melihat ukurannya besar, dengan panjang sekitar enam meter. Ditambah semalam juga makan kucing," ucap Alit.

Rencananya ular itu diserahkan pada pihak terkait untuk dilepas ke alam liar yang jauh dari pemukiman. Sebab, warga khawatir dengan keberadaan ular tersebut.

"Melihat ukuran dan panjangnya khawatir tidak hanya hewan ternak yang dimangsa, tapi takut ada warga juga yang jadi korban
Makanya kita akan serahkan ke petugas terkait," ucap Alit.

(bbn/bbn)