Abai Jaga Jarak, Pengunjung Padati Tempat Belanja di Bandung

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 16:35 WIB
Tempat Belanja di Bandung Diserbu Pengunjung
Warga memadati tempat belanja di kawasan pusat Kota Bandung saat pandemi COVID-19. (Foto: Siti Fatimah/detikcom)

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari terkait penanganan kerumunan.

"Apalagi sekarang Sabtu-Minggu. Jadi petugas dipecah sebagian mulai dari penyekatan jalan dan pusat perbelanjaan. Seperti tadi di Yogya Kepatihan, ada antrian. Kita bantu dari petugas terdekat yang ada di alun-alun," kata Rasfian saat dihubungi.

Ditanya soal penindakan tegas hingga penutupan gerai, Rasdian berujar belum ada penindakan sejauh itu. "Belum. Jadi dilihat dari kepantasan dan kelayakan. Kalau dari manajemen mal tidak ada kesungguhan bisa ke satpol untuk penindakan," tuturnya.

Setelah ada penindakan dari petugas, pihak manajemen mal mulai melakukan adaptasi untuk memecah antrian. "Kapasitas 50 persen. Sebetulnya kalau di tempat sekelas PVJ dan Paskal ada angkanya berapa kendaraan yang masuk jadi di setop ketika memenuhi kapasitas," katanya.

"Kalau di kepatihan enggak ada. Jadi tanggung jawab di manajemen. Dan petugas disampaikan makanya sebelum masuk ada petugas menghalau," ujar Rasdian menambahkan.

Untuk memecah kerumunan di area kawasan wisata belanja Alun-alun Bandung, Satpol PP menerjunkan lebih dari 100 orang di pagi hingga malam hari.

Halaman

(bbn/bbn)