Cerita Atalia Istri Ridwan Kamil Selama Terpapar COVID-19

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 16:14 WIB
Ridwan Kamil dan Atalia
Atalia Praratya dan Ridwan Kamil (Foto: Dok. Instagram Ridwan Kamil)
Bandung -

Atalia Praratya dinyatakan sembuh dari COVID-19. Istri gubernur Jabar Ridwan Kamil itu menceritakan perjuangan melawan virus Corona. Bagaimana kisahnya?

Atalia pertama kali dinyatakan positif COVID-19 pada 17 April 2021. Pengumuman tersebut diungkapkannya melalui unggahan di Instagram pribadinya.

Dia mengaku mengetahui dirinya positif usai dilakukan tes swab. Saat itu dia melakukan tes swab karena kepalanya terasa pusing.

"Hari pertama saya kaget. Bingung juga ketularan di mana karena memang saya bertemu banyak sekali orang dan masyarakat. Saat itu saya berharap teman-teman dan orang-orang yang berkontak dengan saya tidak ada satupun yang tertular," ujar Atalia dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Sabtu (8/5/2021).

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat itu berkonsultasi dengan tim dokter dan melakukan isolasi di Gedung Pakuan. Berbagai gejala ia rasakan selama terpapar COVID-19. Salah satunya penciuman yang mulai hilang.

"Saya tidak merasakan sesak napas. Hal fatal yang tidak saya alami. Tim dokter selalu menyarankan untuk terus berpikir positif dan tetap bahagia agar daya tahan tubuh stabil dan kondisi enggak drop. Saya cepat pulih tidak terlepas dari dukungan keluarga," tuturnya.

Selama menjalani isolasi, Atalia juga tetap melakukan berbagai kegiatan mulai dari melantik Ketua TP-PKK tingkat Kabupaten hingga mengikuti kegiatan Buka Bersama On the Screen (Bubos).

Selain itu, selama menjalani isolasi juga Atalia kerap mendapat dukungan dari Ridwan Kamil. Tingkah Kang Emil sapaannya pun disebut membuatnya lebih bahagia.

"Kang Emil sering menghibur saya. Buat tulisan cinta di kaca pakai lipstick atau nari-nari gaya Michael Jackson. Anak-anak juga suka menghibur meski dibatasi kaca. Itu benar-benar bisa buat bahagia," kata Atalia.

Kini Atalia sudah dinyatakan negatif. Dia bersyukur atas keberhasilan melawan COVID-19 yang ada dalam tubuhnya. Itu tidak terlepas dari kepatuhan menjalani isolasi mandiri, rutin mengikuti saran dokter, mengonsumsi berbagai jenis obat, berjemur, berpikir positif dan berbahagia.

"Jangan anggap remeh COVID-19. Siapa saja bisa kena di mana dan kapan saja, dan perjuangan untuk sembuh tidak mudah. Semua harus aware dengan menerapkan protokol kesehatan," ucap Atalia.

(dir/bbn)