2 Hari Larangan Mudik, Ridwan Kamil: 22 Ribu Kendaraan Diputar Balik

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 16:10 WIB
Polisi mulai melakukan penyekatan mudik lebaran 2021. Kendaraan berpelat nomor di luar Kota Bandung diberhentikan dan diputarbalik.
Penyekatan kendaraan di Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Upaya penyekatan kendaraan saat pelarangan mudik sudah dimulai di Jabar. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut ada 22 ribu kendaraan diputarbalikkan selama dua hari.

"Kemudian proses pelarangan mudik berlangsung sangat dinamis, per hari, itu polda jawa Barat memutarbalikkan 11 ribu kendaraan. Selama dua hari terakhir sudah 22 ribu yang diputar balik karena ketahuan curi-curi mudik dari total dua hari 64 ribu kendaraan yang dirazia atau diperiksa," ucap Kang Emil, sapaannya Ridwan, usai rapat koordinasi di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat (7/5/2021).

Berdasarkan laporan dari Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri, menurut Emil, Jabar termasuk terbesar dalam jumlah titik penyekatan di seluruh Indonesia. Total ada 158 titik penyekatan baik di tol, jalur nasional maupun arteri.

"Penyekatan tadi pak Kapolda sudah melaporkan, dari 300-an penyekatan se-Republik Indonesia, setengahnya itu ada di Jawa Barat. Terdiri dari 20-an penyekatan di jalan tol, nasional sisanya 130-an di jalan lokal arteri melibatkan polsek terkait," kata Emil.

Akibat adanya penyekatan ini, ujar Emil, laporan dari lapangan kondisi arus lalu lintas di Jabar lengang. Pihaknya pun meminta agar masyarakat tak nekat mudik saat adanya pelarangan ini.

"Nggak usah menyiasati, nanti cape sendiri, semua potensi yang ke arah zona mudik itu ditutup. Contohnya paling rame Priangan ke arah Tasik, Garut sudah dilakukan penyekatan yang luar biasa," tutur Emil.

(dir/bbn)