Pria Cianjur Suplai Ganja ke Penyewa Vila untuk Malam Takbiran

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 17:47 WIB
Cianjur -

Polisi membekuk KS (40), pengedar narkoba yang juga penjaga vila di kawasan Kota Bunga Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dari tangan KR, polisi menemukan barang bukti 41 paket ganja yang rencananya diedarkan saat malam Idul Fitri.

Kasat Narkoba Polres Cianjur AKP Ali Jupri menjelaskan pengungkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat jika di kawasan Cipanas kerap terjadi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Setelah ditelusuri, didapati jika di kawasan Vila Kota Bunga juga diduga terjadi peredaran.

"Berbekal informasi dari warga, kami berhasil mengamankan KS (40) seorang penjaga vila di kawasan Vila Kota Bunga Cipanas," kata Ali, Rabu (5/5/2021).

Menurutnya KS awalnya tidak mengakui barang bukti 400 gram ganja yang sudah dibagi dalam 41 paket siap edar merupakan miliknya. "Awalnya tidak ngaku, tapi setelah kita periksa lebih lanjut KS mengakui jika ganja tersebut miliknya dan akan dijual," ucap dia.

Dari keterangan pelaku, ganja tersebut akan dijual pada pengunjung vila saat malam takbiran. "Jadi dia edarkan dan jual pada penyewa atau pengunjung vila saat malam Idul Fitri. Karena saat momen tersebut, banyak juga yang sewa vila dan pesta narkoba," ujar Ali.

Atas perbuatannya KS dijerat dengan pasal 132 ayat (1) junto Pasal 114 ayat (1) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. "Ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara," katanya.

Ali menambahkan polisi masih melakukan pengembangan lebih lanjut terkait jaringan narkoba di kawasan Cianjur utara. Sebab diduga pelaku mendapatkan barang haram tersebut dari Bandar di kawasan Cipanas.

"Kita masih telusuri dari mana KS ini mendapatkan ganja dengan jumlah hampir setengah kilogram tersebut," tutur Ali.

(bbn/bbn)