Ini Kendaraan yang Boleh Masuk Garut Saat Penyekatan Pemudik

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 15:11 WIB
Gelar Pasukan di Mapolres Garut
Gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2021 di Mapolres Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Personel gabungan TNI, Polri dan Pemda Garut bersiap melaksanakan operasi penyekatan pemudik mulai Kamis (6/5/2021). Kapolres Garut AKBP Adi Benny Cahyono mengatakan mulai Kamis 6 Mei hingga Senin 17 Mei 2021 merupakan masa peniadaan mudik.

"Artinya seluruh aktivitas kendaraan (pemudik) yang memasuki wilayah Garut akan diputarbalikkan," ucap Benny kepada wartawan, Rabu (5/5/2021).

Berbeda dengan saat fase prapenyekatan yang dilakukan petugas pada 22 April sampai 5 Mei hari ini, mulai besok semua kendaraan pemudik tidak diperkenankan untuk masuk ke Garut. Menurut dia, sekitar 1.000 personel gabungan TNI-Polri dan Pemda akan bersiaga di 12 titik penyekatan.

"Khusus Idul Fitri tahun ini, dilakukan upaya-upaya penyekatan, mengantisipasi terjadinya lonjakan COVID-19 seperti tahun kemarin," kata Benny.

Kendati demikian, ada sejumlah kendaraan yang berasal dari luar kota dan diperkenankan untuk memasuki wilayah Garut. Salah satunya adalah kendaraan pengangkut logistik.

"Diperbolehkan itu hanya angkutan barang, baik itu logistik maupun barang yang lain. Kemudian petugas yang dilengkapi surat perintah. Ditandatangani eselon dua minimal," ucapnya.

"Kemudian masyarakat umum yang mungkin ada kepentingan, seperti orang tua meninggal, saudara meninggal. Itu pun harus dilengkapi dengan surat keterangan," ujar Benny menambahkan.

(bbn/bbn)