Ridwan Kamil Waspadai Orang Asing Pembawa Virus Masuk Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 11:15 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Personel gabungan sudah disebar ke area penyekatan dalam rangka pelarangan mudik lebaran tahun 2021. Jalur-jalur tikus ikut diawasi petugas.

Pasukan gabungan TNI-Polri dan instansi terkait di Jabar disebar usai apel gabungan bertajuk Operasi Ketupat Lodaya 2021 dilakukan di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, pada Rabu (5/5/2021). Total ada ribuan personel gabungan yang disebar ke area penyekatan di 158 titik.

"Penyekatan di Jawa Barat terus dilakukan. Ada 158 titik penyekatan termasuk jalan-jalan tikus sudah diatur sedemikian rupa oleh tim TNI-Polri," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai memimpin apel gabungan.

"Kita harapkan yang biasanya Jawa Barat itu mudik enam juta orang di zaman normal, itu bisa kita minimalisir semaksimal mungkin karena masih ada teorinya tujuh persen. Jadi kalau tujuh persen kali enam juta ada sekitar 400 ribuan. Nah itu, kepala desa RT RW sudah menyiapkan ruang-ruang karantina untuk memastikan orang yang datang itu bisa dikarantina di tempat masing-masing," kata dia menambahkan.

Kang Emil, sapaannya, mengatakan seluruh pasukan sudah disiagakan untuk menghalau pemudik. Berdasarkan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit, kata Emil, petugas di lapangan perlu menerapkan sikap preemtif dan preventif.

"Tadi saya membacakan arahan dari Pak Kapolri, pertama untuk pasukan kuatkan fisik mental dan kesehatan, kedua harus menjadi teladan kepada diri sendiri, masyarakat dan keluarga tentunya. Ketiganya, lakukan pendekatan yang tegas tapi humanis dalam penindakan, tapi harus selalu didahulukan edukasi," tuturnya.

Tonton juga Video: Larang Mudik, Satgas: Lebih Baik Cerewet Daripada Korban COVID Berderet-deret

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2