Ibu Hamil Ditandu Lewati Hutan Pandeglang, Begini Penjelasan Puskesmas

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 18:40 WIB
Ibu Hamil Ditandu Lewati Hutan di Pandeglang
Ibu hamil di Pandeglang ditandu lewati hutan (Foto: dokumentasi Muhtadin)
Pandeglang -

Pihak Puskesmas Sindangresmi, Pandeglang akhirnya buka suara terkait insiden ibu hamil yang ditandu melewati hutan hingga berujung bayi kembarnya meninggal dunia. Mereka pun memastikan, ibu hamil bernama Enah (39) itu sudah mendapat pelayanan saat tiba di puskesmas.

"Jadi, hari Sabtu (1/5/2021) itu pasien datang ke puskesmas. Setelah dilakukan pemeriksaan, sudah ada bukaan walaupun umur kehamilannya baru 6 bulan. Pada waktu setelah pemeriksaan, pasien izin ke kamar mandi mau kencing. Keluar lah bayi pertama dalam keadaan meninggal, kemudian enggak lama bayi keduanya juga lahir dalam kondisi yang sama (meninggal dunia)," kata Kepala Puskesmas Sindangresmi Khamdan Pramana kepada detikcom saat ditemui di kantornya, Selasa (4/5/2021).

Berdasarkan pemeriksaan medis, Khamdan menjelaskan bayi kembar dari Enah itu sudah meninggal dunia saat masih dalam kandungan. Hal ini dipertegas dengan pemeriksaan bahwa denyut jantung dua bayi kembar itu sudah melemah sebelum Enah menjalani proses persalinan.

"Pada waktu pemeriksaan bayinya memang sudah meninggal, kondisinya sudah lemah atau tidak terdengar denyut jantungnya. Tak lama setelah pemeriksaan itu bayinya lahir dengan kondisi meninggal," ungkapnya.

"Jadi, kondisi bayi kembar itu sudah meninggal di dalam kandungan. Terlepas itu meninggalnya dimana, apakah di perjalanan atau di lokasi lain. Intinya, pada saat melahirkan itu sudah meninggal," tambahnya.

Khamdan juga memastikan Enah sudah mendapat pelayanan medis saat tiba di puskesmas. Enah bahkan dirawat inap di sana hingga kondisinya pulih kembali.

"Pasien dirawat dipuskesmas karena waktu itu sudah malam. Jadi dirawat inap dulu, besoknya baru pulang setelah stabil,"pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2