Warga Dilarang Mudik, Sahrul Gunawan: Saya Juga Tidak

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 16:47 WIB
Sahrul Gunawan berambisi menggelar festival fashion
Foto: Sahrul Gunawan (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengimbau agar masyarakatnya tidak melakukan mudik. Sebagai contoh, dirinya pun tidak mudik Lebaran 2021 ini.

Pemerintah telah memutuskan larangan mudik Lebaran tahun 2021. Sejumlah kebijakan diputuskan termasuk adanya penyekatan pra mudik, mudik dan pasca mudik.

Sahrul mengatakan pemerintah Kabupaten Bandung meminta agar warga tidak mudik. Pasalnya, banyak warga Kabupaten Bandung yang bekerja dan memiliki kerabat di luar daerah.

"Tos weh tong (sudah jangan) ke mana-mana. Tidak mudik," kata Sahrul kepada wartawan usai mengunjungi Kantor Dinas Pertanian, Kabupaten Bandung, Senin (3/5/2021).

Ia menyebutkan, bahwa dirinya tidak akan mudik. Tahun ini, adalah pertama kalinya dirinya tidak mudik ke kampung halamannya di Bogor.

Sahrul menuturkan, posisinya sebagai wakil bupati mengharuskannya menjadi contoh bagi warga Kabupaten Bandung.

"Saya juga tidak mudik. Ini pertama kalinya saya tidak berlebaran di tempat bukan kota asal saya. Saya juga ingin menjadi bagian dari Kabupaten Bandung, dan tidak perlu ke mana mana dulu," terangnya.

Selain itu, ia mengatakan agar mewaspadai terjadinya lonjakan kasus positif COVID-19 pasca Idul Fitri. Pasalnya, kata Sahrul, minat warga untuk mudik masih dinilai tinggi.

"Tadi saya ikut meeting virtual bersama Mendagri, mengenai lonjakan COVID 19 yang harus diwaspadai menjelang Idul Fitri. Yang ternyata minat orang untuk mudik masih kuat dan ini akan berpotensi lebih parah lagi. Semoga masyarakat dapat mematuhi semuanya," ujarnya.

(mso/mso)