680 Ribu Warga Jabar Serentak Buka Bersama on The Screen

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 23:49 WIB
Ridwan Kamil Gelar Buka Bersama on The Screen
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat acara Bubos 2021. (Foto: Dok.Humas Pemprov Jabar)
Bandung -

Para pelajar dan PNS di Jawa Barat berbagi 680 ribu 'Rantang Cinta' atau hidangan buka puasa dalam Buka Bersama on The Screen (Bubos) 2021. Buka bersama ini dilaksanakan serentak secara daring di 27 kabupaten/kota di Jabar.

"Hari ini, hari istimewa karena ada 680 ribu warga yang diberi makan di 27 kota/kabupaten, serentak oleh anak-anak yang berpartisipasi, para PNS dalam konsep yang disebut rantang cinta. Jadi buka bersama itu berubah konsepnya tetap ada, tapi dalam kebersamaan yang sifatnya tidak ramai-ramai," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (24/4/2021).

Bubos 2021 ini merupakan modifikasi dari buka bersama on the street yang dilakukan secara tatap muka langsung, karena situasi pandemi buka bersama dilakukan secara virtual di masing-masing kabupaten/kota.

"Ini akan menjadi tradisi bahwa kebaikan itu bila dikoordinirkan akan menjadi hal yang luar biasa, anak-anak sekolah banyak yang bertestimoni ada yang ngasih makanan full, ada yang ngasih coklat, karena kuncinya keikhlasan. Saya ucapkan terima kasih kepada 600 ribuan warga Jabar, anak sekolah, PNS yang terlibat dalam acara kebaikan ini," tutur Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil-.

Di dalam kesempatan itu, Pemprov Jabar turut memberikan apresiasi kepada para pahlawan COVID-19, atau pihak-pihak yang berperang langsung melawan pandemi seperti tenaga kesehatan, tenaga keamanan TNI-Polri dan juga guru yang tak lelah meneruskan misi pendidikan meski terhalang jarak dengan para siswanya.

"Sejumlah rumah gratis daripada developer di berbagai wilayah dan juga motor dari berbagai sponsor, mudah-mudahan hadiah motor dan rumah gratis ini bisa meringankan beban dan juga ini bentuk rasa terima kasih kami kepada para tenaga medis, para tenaga keamanan, TNI-Polri, dan juga guru yang telah berjuang selama COVID-19 sebagai bentuk apresiasi kami," katanya.

Kang Emil mengatakan, ada sisi baik dari pandemi ini. Salah satunya dengan munculnya para dermawan yang rela berbagi di tengah masa yang sulit ini. "Jumlah orang yang berbagi itu naik, ya di setiap peristiwa, selalu ada sisi positif yang bisa kita lakukan," katanya.

Salah satu contohnya, di Kabupaten Bandung tersalurkan 302.550 kotak makanan bagi kaum duafa dan fakir miskin. Pembagian makanan dilakukan dengan menyasar rumah yatim, panti jompo dan rumah singgah.

Pj. Bupati Bandung Dedi Taufik mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan Pemkab Bandung terhadap program Pemprov Jabar. Pada kesempatan itu, dirinya ikut menyumbangkan sebanyak 2.500 buah masker untuk masyarakat dan orang jompo.

"Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Inilah saat yang tepat untuk berbagi dan beramal kepada sesama makhluk-Nya, sesuai dengan tema BUBOS kali ini, berbagi semangat dan kebersamaan, saling mengasihi dan menyayangi sesama umat," kata Dedi.

Bubos ini pun dimeriahkan dengan penampilan dari Diva asal Bandung, Rosa di Gedung Sate yang disiarkan langsung ke 27 kabupaten/kota.