Insentif Nakes di Kota Bandung Sudah Empat Bulan Belum Cair

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 16:02 WIB
Ilustrasi Tenaga Medis COVID-19
Ilustrasi nakes (Foto: Luthfy Syahban)
Bandung -

Insentif untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bandung sudah empat bulan ini tak kunjung cair. Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan hal itu terhambat gegara perubahan regulasi.

"Saya sudah menugaskan dua minggu yang lalu, bola ada di DKK (Dinkes). Silahkan buat raperwalnya, kita sudah clear. Uangnya sudah ada, cuma begitu dieksekusi regulasinya harus selesai dulu," kata Ema di SDN 23 Pajagalan Astanaanyar, Rabu (14/3/2021).

Dia mengungkapkan anggaran untuk insentif nakes di Kota Bandung ini totalnya mencapai Rp 116 miliar. "Lambat dan tidaknya ada di DKK (Dinkes). Kita waktu rapat, sudah clear, sumber uang dari mana, jumlah uang berapa. Totalnya 116 miliar untuk satu tahun, setiap bulannya kurang lebih 9 miliar," tutur Ema.

Menurutnya, keterlambatan pencairan insentif ini karena ada perubahan regulasi dari Kementerian Keuangan. Sedangkan Pemkot Bandung sudah mengesahkan APBD 2021 pada Desember 2020.

"Insentif ini tahun kemarin langsung ke SKPD, dana tetap dari pusat DAU. Tahun ini informasi dari Kementerian Keuangan terlambat, kita sudah mengesahkan Raperda APBD. Makannya ini tidak terakomodir karena DAU sudah didistribusikan ke seluruh SKPD, tidak hanya kesehatan," ucapnya.

"Tapi kita ada dana yang bisa dimanfaatkan, aturannya yang bisa diakomodir tidak hanya yang masuk ke APBD-P, tapi bisa dilakukan proses penjabaran perubahan domainnya kepala daerah," ujar Ema menambahkan.

Apakah insentif untuk nakes ini cair sebelum atau sesudah Lebaran 2021, Ema tak berkomentar banyak soal itu. "Jangan kesana, insentif tidak ada sangkut paut dengan lebaran yang penting haknya ada," katanya.

Ia memastikan insentif nakes di Kota Bandung sudah tertahan beberapa 4 bulan. "Sekitar empat bulan," ucap Ema.

(wip/bbn)