Wajah Baru Alun-alun Kejaksan, Walkot Cirebon: Minim Tempat Swafoto

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 12:42 WIB
Alun-alun Kejaksan Cirebon
Pemkot Cirebon akan mempercantik Alun-alun Kejaksan. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

Ia mengatakan Alun-alun Kejaksan akan menjadi destinasi baru di Kota Cirebon. Baik pengunjung lokal, maupun luar Kota Cirebon. Terlebih lagi, lokasi alun-alun berdekatan dengan Masjid Raya At-Taqwa. Masjid terbesar di Kota Cirebon.

"Alun-alun tetap digunakan untuk upacara kenegaraan. Parkir pun nanti diatur. Di Jalan Siliwangi ini dilarang parkir dalam radius tertentu. Kami akan kondisikan sedemikian rupa agar PKL ditempatkan di lokasi yang sudah disediakan," tutur Azis.

Sekadar diketahui, proses revitalisasi Alun-alun Kejaksan itu dilakukan dalam dua tahap. Pertama, dianggarkan pada Juli 2019 dengan nilai Rp 27,8 miliar yang bersumber dari APBD Jabar. Kedua, dianggarkan pada Februari 2020 dengan nilai Rp 14,1 miliar. PT Dinamis Sarana Utama memenangkan tender pengerjaan alun-alun tahap dua.

Sebelumnya, DPRD Kota Cirebon menemukan sejumlah pengerjaan yang kurang maksimal. Khawatir membahayakan masyarakat. DPRD meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cirebon mengkaji ulang pengerjaan revitalisasi Alun-alun Kejaksan sebelum dibuka untuk umum.

"Sebelum serah terima atau diresmikan ada tes konstruksi beton dan saluran air. Ini harus dilakukan," ucap Ketua DPRD Kota Cirebon Affiati seusai sidak di Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Selasa (9/3).

Halaman

(bbn/bbn)