Bandung ke-28 Smart City Dunia, Tapi WiFi Taman Enggak Aktif

Wisma Putra - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 13:41 WIB
Taman di Bandung
Taman di Bandung (Foto: Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Eden Strategy Institute memberikan penghargaan kepada Kota Bandung sebagai salah satu kota pintar atau smart city ke 28 dari 50 kota terpilih di dunia. Namun, fasilitas Internet gratis yang ada di taman-taman di Kota Bandung tidak berfungsi.

Seperti diketahui, Kota Bandung mengungguli sejumlah kota besar dunia seperti Adelaide Australia (peringkat 31), Boston Amerika Serikat (peringkat 32), Dubai Uni Emirat Arab (peringkat 34), Frankfurt Jerman (peringkat 38) dan Los Angeles Amerika Serikat (peringkat 40).

detikcom mencoba mengunjungi sejumlah taman di Kota Bandung untuk melihat dan mencoba fasilitas WiFi gratis. Pertama detikcom mengunjungi Taman Lansia yang ada di Jalan Cisangkuy, Kota Bandung, Senin (5/4/2021).

Di taman itu ada tiang pemberitahuan jika internet gratis dapat diakses oleh pengunjung. Tiang itu bertuliskan 'FREE WI-FI WIRLESS INTERNET ACCESS'.

Namun saat detikcom mengeluarkan ponsel untuk mencoba fasilitas Internet gratis itu, tidak ada user atau WiFi yang dapat diakses di taman tersebut.

Tak hanya di Taman Lansia, di Taman Kandaga Puspa yang ada di Jalan Ciluwung internet gratis nya tidak dapat diakses, meski sudah ada tiang pemberitahuan internet gratis.

Saat dikonfirmasi kepada Wali Kota Oded M Danial, pihaknya belum mengetahui hal itu. "Saya belum dapat laporan, saya cek ke Diskominfo," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial Jalan Cikutra, Kota Bandung.

Sementara itu, saat dikonfirmasi ke Kepala Diskominfo Kota Bandung Yayan A Brliyan mengatakan pihaknya saat ini sedang fokus pemasangan internet gratis di RW untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Belum taman, sedang tarik kabel (listrik) kita fokus di RW untuk kepentingan PJJ," kata Yayan via pesan singkat.

Saat disinggung terkait keberadaan tiang pemberitahuan internet gratis, Yayan menyebut, itu vendor lama. "Itu vendor yang dulu," sebutnya.

Selain itu, saat ini pihaknya juga sedang menunggu izin sambungan listrik. "Taman, tinggal nunggu izin sambungan listrik," ujarnya.

(wip/mso)